Ditjen PAUD Dikdasmen Raih Peringkat Pertama Unit Kerja Terbaik Kelola Anggaran dan SAKIP

PAUDPEDIA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makarim mengapresiasi kinerja Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah yang berhasil meraih peringkat pertama sebagai unit esselon 1 terbaik dalam pengelolaan anggaran dan SAKIP tahun 2020.
Direktorat PAUD Dikdasmen meraih nilai 96,67 dengan peringkat sangat baik. Peringkat kedua diraih oleh Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan dengàn nilai 95, 72 dengan peringkat sangat baik.
 
Pemberian penghargaan dilakukan oleh Mendikbud dan Sekjen Kemendikbud, Ainun Naim secara virtual dalam acara Penganugerahan Penghargaan Mendikbud Kepada Unit Kerja/Satuan Kerja Dengàn Kinerja Anggaran dan Sakip Terbaik Tahun 2020 di Jakarta, Selasa (23/2). SAKIP adalah Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan, dimana sistem ini merupakan integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan.
 
Mendikbud berpesan agar seluruh unit kerja dan satuan kerja dikementeriannya dapat mengoptimalkan fungsi evaluasi sebagai dasar perbaikan berkelanjutan. Ia juga berpesan agar jajarannya dapat memperhatikan dengan cermat, tepat dan bertanggungjawab seluruh penggunaan anggaran di tahun 2021. "Saya mohon di dalam mengelola anggaran dapat dicapai titik keseimbangan antara efektivitas dan efisiensi," katanya.
 
Sementara itu, Sekretaris Jenderal Ainun Naim menyampaikan bahwa selama 7 tahun berturut-turut, laporan keuangan Kemendikbud meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Prestasi tersebut diharapkan dapat terus dipertahankan dan dibarengi dengan peningkatan kinerja sebagai bagian dari reformasi birokrasi yang tengah dilakukan. "Tentu ini perlu kerja keras kita bersama," katanya.
 
Selain itu penghargaan juga diberikan kepada Institut Seni Indonesia Surakarta yang meraih peringkat pertama Satuan Kerja Perguruan Tinggi Politeknik Negeri. Peringkat kedua diraih Politeknik Negeri Samarinda dan Peringkat ketiga diraih Politeknik Negeri Padang. Sedangkan untuk Perguruan Tinggi Negeri terbaik dalam mengelola anggaran dan SAKIP peringkat pertama diraih oleh Universitas Negeri Surabaya dengàn nilai predikat A, peringkat kedua diraih Universitas Gajah Nada dengàn nilai predikat A dan Peringkat ketiga diraih Universitas Negeri Jogyakarta dengàn nilai predikat A.
 
Penulis   : Eko
 
Editor     : Hammam Izzuddin

Bagikan Artikel Ini

Komentar (0)

Silahkan Login untuk memberi komentar