Yuk Pahami Dampak Bullying Pada Perkembangan Anak

Paudpedia - Ayah, Bunda, dan Sobat PAUD, bullying memiliki dampak yang negatif bagi perkembangan anak. Baik pelaku maupun korban sama -sama berpotensi mengalami dampaknya. Ada enam aspek penting pada perkembangan anak usia dini yakni aspek nilai agama dan moral, koginitf, sosial emosional, bahasa, fisik motorik, dan seni.

Tentu Ayah dan Bunda tak ingin perkembangan anaknya terganggu akibat bullying ini. Yuk kita pahami dampak bullying ini agar dapat menumbuhkan kesadaran untuk mencegahnya. Berikut adalah beberapa dampaknya :

  1. Aspek Fisik Motorik

Korban bullying dapat mengalami cedera fisik yang dapat mengganggu perkembangan fisik motoriknya. Hal ini disebabkan oleh tindakan kekerasan yang dialami oleh korban. Contoh : luka memar karena bekas cubitan atau kekerasan fisik lainnya.

  1. Aspek Sosial Emosional

Korban bullying berpotensi mengalami gangguan kecemasan dan depresi yang berpengaruh pada perkembangan sosial emosionalnya. Contoh : murung, pendiam, emosi tidak terkontrol, dan sebagainya.

Pelaku bullying juga berpotensi mengalami gangguan perkembangan sosial emosional. Sikap dan tindakan yang dilakukan berulang-ulang akan menjadi kebiasaan dan membentuk perilaku negatif. Contoh : sikap arogan, pemarah, suka melanggar aturan, hingga dijauhi lingkungan akibat sanksi sosial.

  1. Aspek Kognitif

Bullying dapat menghambat perkembangan kognitif anak. Perasaan takut yang ditimbulkan bullying bisa menyebabkan anak tidak berani mengungkapkan ide dan gagasan sehingga mengganggu perkembangan kognitifnya. Selain itu, Ketidakpercayaan diri ini di masa mendatang dapat menghambat anak dalam memaksimalkan potensi kognitifnya.

  1. Aspek Bahasa

Bullying dalam bentuk verbal kerap menggunakan bahasa kasar dan merendahkan sesama. Hal ini dapat berakibat pada perkembangan bahasa anak dalam jangka panjang. Contoh : terbiasa berkata kasar dan mengejek sesama.

 

Penulis : Hammam Izzuddin

Editor  : Ifina Trimulyani M.Pd

 

Gambar : Rodnae Production/Pexels

Referensi

Ihsana Sabriani Borualogo, Hadi Wahyudi dan Sulisworo Kusdiyati (2020). Prediktor Bullying Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan. Vol. 08, No. 01, Januari. Hlm 26-42.

Buku Saku Pencegahan Bullying Pada Anak Usia Dini. Direktorat PAUD Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2020).

Nurul HidayatiBullying Pada Anak : Analisis dan Alternatif Solusi, Jurnal INSAN Vol. 14 No. 01, April 2012.

Bagikan Artikel Ini

Komentar (0)

Silahkan Login untuk memberi komentar