Kunjungan Mendikbud ke Papua Barat, Dorong Transformasi Pendidikan hingga Sekolah Penggerak

Paudpedia- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten dan Kota Sorong, Kamis (10/2/2021). Kunjungan dilakukan dalam rangka mendorong program kerja prioritas Kemdikbud 2021.

Program prioritas tersebut di antaranya digitalisasi sekolah, revitalisasi pendidikan vokasi, penguatan guru dan tenaga kependidikan, hingga pembiayaan pendidikan. Di Sorong, Kemdikbud mengawali kegiatannya dengan fokus pada bantuan TIK dan program digitalisasi sekolah.

Mendikbud mengatakan digitalisasi sekolah saat ini difokuskan pada daerah-daerah tertinggal, terluar, dan terdepan (3T). “Mereka yang benar-benar butuh pemerataan tersebut, butuh akses internet yang berimbang sama seperti di kota. Pemerataan ini terus diupayakan pemerintah,” tutur Mendikbud.

Hingga kini, bantuan TIK Kemendikbud diberikan kepada 29 sekolah di Provinsi Papua Barat. Untuk SMPN 14 Kabupaten Sorong merupakan satu dari 250 sekolah di Indonesia yang menerima bantuan TIK dari Kemendikbud.

Selain berfokus pada bantuan TIK dan digitalisasi sekolah, Mendikbud juga mendorong sekolah di Papua Barat untuk bergabung menjadi  Sekolah Penggerak. Untuk angkatan pertama, Sekolah Penggerak hanya akan dibuka untuk 2.500 sekolah. Kendati demikian, Mendikbud menargetkan 10 tahun ke depan seluruh sekolah di Indonesia akan menjadi Sekolah Penggerak. Oleh karena itu, Ia mempersilakan bagi sekolah-sekolah yang sudah siap agar mendaftar melalui laman Kemendikbud, sebelum ditutup pada 6 Maret 2021 mendatang.

Penulis  : Hammam Izzuddin

Gambar : Dok. Kemdikbud

Bagikan Artikel Ini

Komentar (0)

Silahkan Login untuk memberi komentar