Meski Pandemi, Minat Orangtua Sekolahkan Anak di Paud Masih Tinggi

PaudPedia - Di tengah situasi pandemi Covid-19, minat orangtua untuk menyekolahkan anaknya di jenjang PAUD masing tergolong tinggi. Hal itu disampaikan oleh Emil Elestianto Dardak saat membuka Konferensi Kerja IV Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia Persatuan Guru Republik Indonesia (IGTKI-PGRI) di Hotel Luminor Sidoarjo, Jumat (29/01/2021).

Emil mengatakan orang tua tetap mempercayakan pendidikan anak-anaknya pada PAUD meskipun terhalang pandemi COVID-19 seperti sekarang ini. Hal itu karena, usia emas anak tetap memerlukan pendidikan, sekalipun tidak bisa bertatap muka langsung.

Guru TK dan PAUD diharapkan bisa berinovasi dengan mencari berbagai referensi dalam menciptakan metode pengarajan interaktif saat Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) secara daring. “Guru-guru ini sebelumnya sudah dilatih agar bisa mengajar jarak jauh. Mudah-mudahan 2021 minat ikut PAUD semakin tinggi,” kata Emil dilansir dari Liputan6.

Ia menjelaskan, sosok guru merupakan figur yang sangat penting karena perannya bisa membangun karakter anak-anak di masa keemasannya.

"Guru TK ini hari ini menjadi penentu masa depan. Ada istilah golden years, kalau dididik dengan tepat inshaAllah ke depannya akan bagus," kata orang nomor dua di Jawa Timur tersebut.

Hinggat saat ini, siswa TK dan PAUD di Indonesia memiliki jumlah lebih dari 6 juta anak dengan tenaga pengajar berkisar di angka 500 ribu. Jumlah itu ditampung dalam lebih dari 200 ribu instansi pendidikan anak usia dini yang tersebar di 34 provinsi.

 

Penulis : Hammam Izzuddin

 

Gambar : Biro Humas Pemprov Jatim

 

Bagikan Artikel Ini

Komentar (0)

Silahkan Login untuk memberi komentar