Tips Penggunaan Gawai pada Anak Selama BDR

Paudpedia—Ayah, Bunda dan Sobat PAUD penggunaan gawai memang sangat berperan penting untuk membantu proses pembelajaran selama BDR. Namun, tetap saja harus dalam pengawasan orang tua. Apakah ayah bunda dan sobat PAUD sudah mengetahui tips penggunaan gawai pada anak lama BDR? Yuk, kita simak penjelasan berikut ini:

 

Gunakan Gawai Seperlunya untuk Membantu Proses Pembelajaran

Utamakan penggunaan gawai hanya untuk mendukung pembelajaran selama BDR. Artinya orang tua perlu mengontrol pnggunaan gawai pada anak hanya untuk mendukung kelancaran proses pembelajaran selama BDR. Penggunaan gawai di luar keperluan pembelajaran harus diminimalkan agar anak tidak ketergantungan pada gawai.

Contoh:  menggunakan gawai untuk berkomunikasi dengan guru, mangakses kegiatan pembelajaran, mencari informasi dll.

 

Membuat kesepakatan bersama anak untuk pembatasan Waktu Penggunaan Gawai

Orang tua perlu menetapkan batas waktu saat anak menggunakan gawai. Jangan biarkan anak menghabiskan sebagian besar waktunya hanya untuk bermain gawai. Maka buatlah kesepakatan bersama anak, berapa lama ia boleh menggunakannya, kemudian hentikan kegiatan menggunakan gawai setelah habis waktu yang disepakati.

 

Memblokir Konten Negatif pada Gawai yang digunakan Anak

Orang tua dapat mengatur konten apa saja yang bisa dilihat anak dan memblokir konten negatif yang dapat membahayakan perkembangan anak, seperti game yang mengandung unsur kekerasan, pornografi dan konten negatif lainnya.

 

Dampingi Anak Selama Pengguaan Gawai

Ketika anak mengunakan gawai orang tua hendaknya berada di samping anak. Tujuannya adalah agar orang tua dapat memantau konten apa saja yang dilihat oleh anak.

 

Berikan Kesempatan pada Anak untuk bermain di Lingkungan Outdor

Kesempatan bermain di luar rumah merupakan suatu hal yang sangat penting bagi perkembangan anak. Ketika mereka bermain di luar bersama teman dan saudaranya yang lain, maka banyak aspek yang bisa dikembangkan dari hal tersebut, seperti mengembangkan keterampilan sosial, mengembangkan fisik motorik kasar anak, Bahasa dan perkembangan lainnya. Selain itu orang tua juga perlu mengajak aktivitas lain yang tidak menggunakan gawai seperti melibatkan anak pada kegiatan rutin di rumah, olahraga dan kegiatan seni.

 

Penulis                        : Ifina Trimuliana

Kurator                      : Dona Paramita

 

Referensi

Sundus, M. (2018). Journal of Depression and Anxiety The Impact of using Gawais on Children. 7(1), 1–3. https://doi.org/10.4172/2167-1044.1000296

JP CARLOS 2015 How To Prevent Gawai Overuse In Children. we have kids Https://We have kids.Com/Parenting/How-To-Prevent-Gawai-Addiction-In-Children

 

Bagikan Artikel Ini

Komentar (0)

Silahkan Login untuk memberi komentar