Double Helix, Aksi Perubahan Dari Paudpedia

Paudpedia- Direktorat PAUD Kemdikbud dinilai berhasil melakukan aksi perubahan seperti yang diamanahkan pemerintah. Aksi perubahan Direktorat PAUD tersebut berupa dikembangkannya aplikasi Paudpedia di platform Android melalui penerapan pendekatan Double Helix atau jalinan ganda antara guru PAUD, orang tua, dan Pegiat PAUD. Atas upayanya itu, aplikasi Paudpedia mendapat apresiasi positif dan termasuk lima besar terbaik dalam Pendidikan dan Latihan Pimpinan Administrator Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Direktorat PAUD, Nia Nurhasanah, yang menginisiasi pengunaan aplikasi Paudpedia di android mengatakan, penerapan  pendekatan double helix di Aplikasi Paudpedia ditujukan untuk mewujudkan PAUD berkualitas. Menurut Nia, visi dari pengembangan aplikasi Paudpedia berbasis android ini yaitu mewujudkan pendidikan anak usia dini yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila yang bernalar kritis, kreatif, mandiri,  beriman, bertakwa kepada Tuhan Yag Mahaesa, dan berakhlak mulia, bergotong royong, dan berkebhinekaan global. Sedangkan misi yang diembannya yaitu, Pertama, mewujudkan Pendidikan Anak Usia Dini yang relevan dan berkualitas tinggi, merata dan berkelanjutan, didukung oleh infrastruktur dan teknologi. Kedua, mengoptimalkan peran serta seluruh pemangku kepentingan untuk mendukung transformasi dan reformasi pengelolaan pendidikan anak usia dini.

Dikatakan Nia, pengembangan aplikasi Paudpedia  berbasis android ini dilakukan setelah melihat belum tersosialisasikannya upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas layanan PAUD. Hal itu lantas diperkuat dengan kebijakan yang masih top-down atau dari atas ke bawah  yang menjadikan masyarakat hanya sebagai penerima dampak dan implementasi kebijakan.

"Belum terfasilitasinya ide/ gagasan/ praktik baik, dari guru/orang tua. Belum adanya regulasi yang memfasilitasi pendekatan double helix atau rantai ganda regulasi," ujarnya.

Penerapan pendekatan yang akan dilakukan melalui pengembangan aplikasi ini yaitu dengan pembentukan tim yang efektif, membuat rancang bangun pendekatan double helix dan aplikasi Paudpedia, membentuk satuan tugas pengelola, menyusun panduan Paudpedia, dan menyusun regulasi.

Dikatakan, kondisi yang ingin dicapai dengan pembuatan aplikasi Paudpedia ini adalah tersosialisasikannya upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas layanan PAUD. Masyarakat tidak hanya sebagai penerima dampak kebijakan dan implementasi kebijakan Top-down. "Melalui aplikasi ini, ide/gagasan/praktik baik dari guru/orang tua bisa terakomodir, “ujar Nia.

 

Penulis   : Eko BH

Editor         :  Yanuar Jatnika

Bagikan Artikel Ini

Komentar (0)

Silahkan Login untuk memberi komentar