Penuhi Sosio Emosional Anak Penting Bagi Penumbuhan Karakter

PAUDPEDIA --- Perhatian terhadap kebutuhan  sosio emosional anak usia dini penting  dalam upaya membentuk karakter, akhlak mulia dan budi pekerti luhur.  pada anak usia dini tidak hanya dilakukan melalui pendekatan pendidikan dan pengajaran.

Terpenuhinya kebutuhan sosio emosional anak akan memiliki pengaruh akademik terhadap anak baik secara prestasi belajar, dedikasi, perilaku, dan kemandirian. Selain itu juga akan melahirkan anak-anak kreatif yang mempunyai karya besar di tengah masyarakat.

"Semakin kita memberikan stimulasi yang berkualitas terutama sosio emosionalnya, maka dapat dipastikan anak-anak Indonesia dimasa depan akan menjadi generasi yang baik dan akan mampu merespon berbagai fenomena yang terjadi di tengah masyarakat dan siap mereka hadapi," ujar Widyaprada Ahli Utama Kemendikbud, Danu Hurip Asmadi, dalam Webinar Kolaborasi Lintas Sektor kerjasama Direktorat PAUD dan Institut Pertanian Bogor, Rabu  kemarin.

Baca juga :

Di masa pandemic seperti sekarang ini, menurut Danu, strategi stimulasi perkembangan sosio emosional anak usia dini melalui permainan edukatif merupakan suatu proses belajar bagaimana anak menyesuaikan diri untuk memahami keadaan.

"Mereka juga akan merasakan ketika berinteraksi dengan orang-orang yang berada di lingkungannya baik dengan orangtua, saudara, teman sebaya  maupun orang-orang yang berada di lingkungannya," ujarnya.

Dikatakannya,  mempersiapkan anak secara sosio emosional di seputar lingkungannya itu menjadi penting karena dia akan menghadapi kondisi lingkungan yang bermacam-macam, baik di dalam rumah maupun di luar rumah, baik di sekolah maupun diluar sekolah. Semakin dia dapat mengambil nilai-nilai positif dari perkembangan sosio emosionalnya, semakin bagus dan berdampak baik bagi pertumbuhan serta perkembangan sosio emosionalnya akan menjadi lebih optimal.

"Tidak kalah pentingnya dalam memahami kemampuan sosio emosional  seorang anak adalah kemampuan untuk beradaptasi menghadapi tantangan hidup, menjaga kesehatan di tengah pandemi," kata Danu.

Pembicara lain, Tim Teknis Direktorat PAUD, Budi Dharma Sudi, mengatakan, kecerdasan emosi merupakan penentu dari keberhasilan seseorang. "Sosio emosional pada anak penting dikembangkan karena anak memiliki masa emas perkembangan sosio emosional sesuai tahap perkembangannya," katanya.

Menurut Budi Dharma, hal itu sejalan dengan kurikulum 2013 yang menitikberatkan pada aspek-aspek perkembangan diri, anak salah satunya penekanan pada sosio emosional. Pada Kurikulum 2013 itu, pengembangan sosio emosional secara optimal dilakukan melalui proses pembelajaran dengan menggunakan media berbasis lokal.

Penulis   : Eko BH

Editor     : Yanuar Jatnika

Bagikan Artikel Ini

Komentar (0)

Silahkan Login untuk memberi komentar