Pulsa untuk BDR Bagi Guru dan Orang Tua PAUD

PAUDPEDIA—Ayah Bunda dan Sobat PAUD, pandemi Covid-19 telah mengubah banyak hal dalam kehidupan kita. Anak-anak yang biasanya datang ke sekolah sekarang mereka harus belajar dari rumah masing-masing. Tentu belajar dari rumah ini  harus disiapkan dengan matang, baik oleh guru maupun orang tua. Namun kenyataannya, banyak kendala yang dialami.  Diantaranya biaya belanja pulsa yang meningkatkan untuk pembelian kuota internet. Untuk menjawab permasalahan ini, kemdikbud telah memberikan solusi dengan memberikan bantuan kouta internet untuk belajar dari rumah (BDR).

Agar dapat menerima bantuan kuota tersebut, satuan PAUD  harus mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan terdaftar di aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Setelah itu, operator satuan pendidikan memastikan diri sudah terdaftar di Jaringan Pengelola Data Pendidikan dan Kebudayaan (http://sdm.data.kemdikbud.go.id), dan menginput data nomor ponsel pendidik dan peserta didik di aplikasi Dapodik.

Adapun besarnya kuota yang didapatkan sebagaimana yang dituangkan pada laman https://kuota-belajar.kemdikbud.go.id/  Peserta Didik Jenjang PAUD memperoleh sebesar 20 GB / bulan, 5 GB Kuota Umum, 15 GB Kuota Belajar, bantuan ini diberikan untuk 4 (empat) bulan

Kuota Umum yaitu Kuota yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi. Kuota Belajar yaitu Kuota yang hanya dapat digunakan untuk mengakses laman dan aplikasi pembelajaran.

Agar bantuan kuota ini dapat digunakan secara maksimal beberapa tips yang dapat dilakukan oleh orang tua dan guru yaitu sebagai berikut:

  1. Prioritaskan penggunaan kuota untuk keperluan BDR

Orang dan guru perlu menyiasati penggunaan kuota umum yang hanya 5 GB, tentu kunci utamanya adalah harus berhemat, dengan cara prioritaskan penggunaan kuota untuk keperluan BDR anak, seperti pelaksanaan zoom atau videocall dengan anak dan orang tua,  juga mencari referensi atau sumber belajar anak

 

  1. Hindari pembelajaran yang hanya bertumpu pada penggunaan HP/Teknologi

Artinya guru juga perlu mencari solusi pembelajaran lain seperti penyediaan buku di sekitar anak, bermain bebas di sekitar rumah dengan pengawasan orang tua atau bisa juga menggunakan pendekatan proyek bekerja sama dengan orang tua dan masyarakat.

 

Guru juga dapat melakukan kunjungan ke rumah untuk melakukan pengamatan dan pendampingan belajar namun tetap wajib melakukan prosedur pencegahan penyebaran Covid-19.

 

Adapun manfaat dari adanya bantuan pulsa atau kuota internet ini yaitu, guru dapat memaksimalkan komunikasi dengan orang tua dan anak, membantu orang tua dan guru mengakses sumber belajar dan membuat anak bahagia karena tetap bisa berkomunikasi dengan guru dan teman-temannya.

 

Penulis            :Ifina Trimuliana

Kurator          : Dona Piramita

 

Referensi


http://sdm.data.kemdikbud.go.id
https://kuota-belajar.kemdikbud.go.id/

Webinar Kebijakan Pembelajaran Pulsa Internet Bagi Pembelajaran AUD yang Efektif

 

 

Bagikan Artikel Ini

Komentar (0)

Silahkan Login untuk memberi komentar