Menciptakan Lingkungan yang Nyaman Selama BDR Bagi Anak

AnggunPAUD--Pengaturan tata ruangan mendukung anak belajar. Sejatinya, belajar pada anak usia dini adalah melalui bermain. Saat anak bermain, saat itu pula mereka belajar. Lingkungan yang tertata dengan baik dan menarik dapat orang tua sediakan untuk mendukung proses pembelajaran anak melalui kegiatan bermain. Di sinilah anak akan menghabiskan sebagian besar waktu mereka selama BDR. Oleh karena itu penting sekali untuk diatur dengan baik, nyaman, dan menarik sehingga dapat menstimulasi aspek perkembangan anak. Di sekolah atau pengaturan di rumah, penataan lingkungan yang kondusif dan layak anak sangat dibutuhkan untuk memenuhi rasa ingin tahu, berpikir kritis, kreativitas, penalaran dan berpikir logis.

Lingkungan bermain yang kondusif tidak hanya terdiri dari pengaturan fisik, tetapi juga mencakup bagaimana perasaan atau tanggapan anak terhadap pengaturan tersebut. Ada beberapa cara keluarga dan pendidik dapat menciptakan lingkungan yang kondusif bagi anak-anak untuk belajar sebagaimana berikut ini:

  • Sediakan area bermain yang dirancang dan disiapkan agar anak-anak dapat bermain dengan nyaman seperti jauh dari polusi udara, pencahayaan, suhu ruangan, warna dinding, tersedianya meja dan kursi belajar serta tempat untuk bergerak bebas.
  • Hindari kebisingan yang dapat mengganggu konsentrasi anak.

Anak perlu merasakan adanya kenyamanan dalam lingkungannya agar mereka dapat bereksplorasi dengan tenang. Ruangan yang yang tidak bising akan membantu mereka mengeluarkan ide terhadap hal-hal baru.

  • Sediakan ruangan yang tertata menarik dan memiliki penyimpanan alat dan bahan yang terlihat dan terjangkau oleh anak. Alat dan bahan ditata dengan klasifikasi-klasifikasi, misalnya berdasarkan fungsi, jenis atau warna.
  • Sediakan juga alat, bahan dan media yang dapat dieksplorasi oleh anak. Alat dan bahan dapat berupa beragam alat tulis, seperti pensil, krayon, cat air, spidol atau pewarna makanan. Berikan juga bahan-bahan yang berasal dari alam sekitar maupun barang/alat yang biasa digunakan dirumah tangga. Bahan alam disini misalnya. Ranting-ranting kering, biji-bijian, batu-batuan, daun-daun kering dan lain sebagainya. Alat rumah tangga yang dapat orang tua/guru sediakan misalnya, sendok, piring-piring, gelas, corong dan lain sebagainya. Sediakan alat dan bahan yang memiliki keragaman tekstur, warna dan bentuk.
  • Kesehatan dan keselamatan harus menjadi perhatian dasar dalam menciptakan lingkungan bermain bagi anak-anak, seperti menghindari sudut-sudut yang tajam dan mainan yang mengandung bahan kimia berbahaya bagi anak.
  • Selama BDR, orang tua juga dapat berdiskusi dan membuat kesepakatan dengan anak tentang bagaimana menata lingkungan bermainnya.

Jadi selama BDR anak membutuhkan lingkungan yang aman dan nyaman, maka perlu bagi orang tua untuk menyediakan lingkungan yang mendukung aktivitas pembelajaran anak selama BDR. ciptakan lingkungan yang membuat anak betah di rumah untuk mengikuti kegiatan pembelajaran sehingga walaupun BDR tapi aspek perkembangan anak tetap dapat berkembang dengan optimal. Ifina Trimuliana

Referensi

Melissa Angela. How to Create a Positive Learning Environment for Children.2018.hello motherhood.https://www.hellomotherhood.com/how-to-create-a-positive-learning-environment-for-children-5604381.html

Elizabeth Santosa. Kelas orang tua berbagi pemanfaatan gawai oleh orang tua untuk mendukung saat BDR. 2020. Kemdikbud RI.

Bagikan Artikel Ini

Komentar (0)

Silahkan Login untuk memberi komentar