Agar AUD Semangat, Siapkan Kegiatan BDR Secara Matang

Paudpedia—Pandemi Covid- 19 telah mengubah aktivitas sehari-hari banyak orang, termasuk anak-anak. Namun walaupun demikian perkembangan anak tidak bisa diabaikan. Anak-anak tetap harus mendapatkan stimulasi yang optimal meski tidak datang ke sekolah. Pembelajaran dapat dilakukan dari rumah, maka orang tua dan guru harus mampu menyiapkan kegiatan ini secara matang dengan memperhatikan beberapa prinsip sebagai berikut:

 

Belajar Melalui Bermain dengan Kegiatan di Rumah

Menciptakan pembelajaran yang bermakna bagi anak, yaitu memberikan kegiatan yang berarti yang dilakukan melalui bermain dan memberikan manfaat kepada anak. Contoh kegiatan di rumah, misalnya bermain menyusun dan mengklasifikasikan baju-baju berdasarkan jenisnya. Kegiatan ini dapat membangun konsep matematika pada anak.

 

Menciptakan Pembelajaran melalui kegiatan bermain yang bervariasi

Mengupayakan anak aktif dengan menciptakan pembelajaran melalui kegiatan bermain yang bervariasi, artinya guru atau orang tua  diharapkan dapat menciptakan kegiatan yang beragam setiap harinya agar dapat mengurangi rasa bosan anak selama di rumah. Misalnya: ketika ayah membersihkan halaman rumah, Ayah kemudian dapat mengajak anak untuk terlibat dan bermain di halaman rumah. Lalu ajak anak mengamati tanaman; daunnya, batangnya, bunganya, atau dapat juga mengamati benda-benda lainnya di halaman. Diskusikan dengan anak tentang ciri-cirinya, mengurutkan besar daun, membandingkan berat batu, menciptakan lagu dan menyanyikannya secara bersama tentang halaman rumah dan lain sebagainya. Setelah kegiatan di halaman selesai, dapat dilanjutkan pada kegiatan berikutnya di dalam rumah, misalnya menggambar benda yang ditemukan tadi atau berdiskusi kembali tentang apa yang sudah dilakukan di halaman bersama Ayah.

Baca juga :

Kemitraan

Hasil pembelajaran kemungkinan besar akan dicapai ketika guru bekerja dalam kemitraan dengan keluarga. Keluarga adalah guru pertama dan paling berpengaruh bagi anak-anak. Oleh karena itu guru harus bekerja sama dengan orang tua dalam mencapai tujuan pembelajaran. Guru juga diharapkan dapat mengarahkan dan mendampingi orang tua untuk dapat melibatkan anak dalam kegiatan-kegiatan yang sesuai minat anak dan perkembangannya.

 

Penataan Ruangan yang Mendukung Pembelajaran Melalui Bermain

Sediakan area bermain yang dirancang dan disiapkan agar anak-anak dapat bermain dengan nyaman seperti jauh dari polusi udara serta tempat untuk bergerak bebas. Selain itu penyimpanan alat dan bahan yang terlihat dan terjangkau oleh anak untuk berkesplorasi. Berikan juga bahan-bahan yang berasal dari alam sekitar maupun barang/alat yang biasa digunakan dirumah tangga. Bahan alam disini misalnya. Ranting-ranting kering, biji-bijian, batu-batuan, daun-daun kering dan lain sebagainya. Alat rumah tangga yang dapat orang tua/guru sediakan misalnya, sendok, piring-piring, gelas, corong dan lain sebagainya. Sediakan alat dan bahan yang memiliki keragaman tekstur, warna dan bentuk.

 

Penulis  : Ifina Trimuliana

Editor    : Yanuar Jatnika

Kurator : Dona Paramitha

 

Referensi

https://medium.com/kid-connect/principles-of-the-early-years-learning-framework-110153848be7

Bagikan Artikel Ini

Komentar (0)

Silahkan Login untuk memberi komentar