Pendekatan Proyek, Cara Agar Anak Semangat Belajar
Paudpedia—Ayah Bunda dan sobat paud, salah satu karakteristik anak usia dini yaitu mudah bosan. Oleh karena itu, ayah bunda hendaknya dapat menggunakan pendekatan pembelajaran yang bervariasi agar anak tetap semangat selama BDR. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat dilakukan adalah pendekatan pembelajaran proyek (project approach). Pendekatan pembelajaran proyek merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang menggunakan pengalaman langsung dan sesuai dengan lingkungan sekitar anak.
Penerapan pendekatan proyek dalam pembelajaran dapat melibatkan anak melalui kegiatan observasi dan penyelidikan tentang topik-topik terpilih dari lingkungan sekitar. Proyek itu sendiri diartikan suatu studi atau penyelidikan yang luas dan mendalam tentang topik khusus yang dapat dilakukan oleh anak secara individual, dalam kelompok kecil dan dalam kelompok besar, yang pelaksanaannya disesuaikan dengan waktu, minat, dan kemampuan anak.
Melalui pendekatan ini, anak langsung dihadapkan pada persoalan sehari-hari yang menuntut anak untuk melakukan berbagai aktifitas sesuai dengan proyek yang diberikan.
Dalam menggunakan pendekatan ini, orang tua dan guru dapat melakukan beberapa tahap diantaranya:
- Tahapan persiapan, yaitu tahapan memilih dan menentukan topik proyek. Pada tahapan ini orang tua bisa mendiskusikan bersama anak kegiatan apa yang hendak dilakukan dan merumuskan bagaimana cara melakukannya. Misalkan anak ingin membangun rumah-rumahan menggunakan sarung. Pada tahapan ini anak juga merencanakan alat apa yang ia butuhkan dan bagaimana cara membangunnya.
- ahap pengembangan, pada tahap ini anak melakukan berbagai aktifitas pemecahan masalah untuk menjawab pertanyaan yang diajukan pada tahap persiapan. Pada tahapan ini anak mengeksplorasi bagaimana cara melakukan kegiatan yang sudah direncanakannya pada tahapan persiapan. Misalkan pada tahapan ini anak akan mencoba-coba bagaimana merangkai sarung tersebut agar menjadi rumah-rumahan
- Tahap kulminasi. Pada tahap ini anak dalam kelompok kecilnya masing-masing mengkomunikasikan dan berbagi pengetahuan, keterampilan, dan hasil karya yang diperoleh selama kegiatan proyek kepada teman kelompoknya,
Manfaat dari penggunaan pendekatan proyek bagi anak yaitu:
1) Memperluas wawasan anak tentang segi-segi kehidupan dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat,
2) Anak memperoleh pemahaman tentang bagaimana memecahkan masalah tertentu yang memerlukan kerjasama dengan anak lain secara terpadu,
3) Anak memperoleh pengalaman belajar pengembangan sikap positif dalam kegiatan bekerja dengan anak lain,
4) Mengembangkan dan membina kerja sama dan interaksi sosial di antara anak-anak yang terlibat dalam proyek,
5) Memberi kesempatan anak untuk mengembangkan etos kerja pada diri anak,
6) Dapat mengeksplorasi kemampuan, minat, serta kebutuhan anak,
7) Melatih anak untuk menerima tanggung jawab. Beberapa kelebihan lagi dari pendekatanproyek ini yaitu, dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik, meningkatkan kemampuan berpikir kritis, menuangkan ide, kreativitas dan imajinasi, memberikan kesempatan bagi anak mengeksplorasi alat dan bahan, mengoptimalkan fungsi indera, membuat suasana belajar menjadi menyenangkan.
Penulis : Ifina Trimuliana
Editor : Yanuar Jatnika
Kurator : Dona Paramitha
Refrensi
Ernawulan syaodih.2018. Pengembangan Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Usia Dini Dalam Pembelajaran Proyek Di Taman Kanak-Kanak.. Jurnal Pendidikan Usia Dinivolume 12 Edisi 1.
Ni Putu Suarningsih Eka Putri.2018. Pengaruh PendekatanProyek Terhadap Kemampuan Sosial Pada Anak Kelompok B Di Tk Gugus Iii Kecamatan Tampaksiring Tahun Ajaran. E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (Volume 6 No. 3 Tahun 2018).
Komentar (0)