Ada Empat Kebutuhan Dasar Anak Usia Dini yang Harus Diketahui Orang Tua

 

Paudpedia- Dalam situasi pandemic Covid-19 ini, kehidupan keluarga mengalami banyak perubahan yang membutuhkan penyesuaian dari seluruh anggota keluarga. Orang tua bekerja dari rumah, anak juga belajar dari rumah. Begitu juga aktivitas di luar rumah dibatasi. Yang paling utama, dalam upaya menghindari dampak Covid-19, kebutuhan makanan yang bergizi menjadi semakin diutamakan.

Banyak orang tua yang mengalami kebingungan, kekhawatiran, dan ketakutan menghadapi situasi seperti ini. Namun, dalam situasi yang ketidakpastian ini, orang tua tetap harus memenuhi kebutuhan dasar anak, termasuk, bahkan terutama untuk anak usia dini.

Menurut Rose Mini Agoes Salim,  Ketua Program Studi Terapan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, kebutuhan dasar anak usia dini mencakup kesehatan, Pendidikan, pengasuhan dan perlindungan.

Jelasnya, kata psikolog yang akrab dipanggil Bunda Romi ini, untuk anak usia dini, yakni usia 1- 6 tahun, kebutuhan dasar yang harus dipenuhi orang tua yakni :

Kesehatan. Hal dilakukan orang tua dengan selalu memberikan makanan yang dengan gizi seimbang, bernutrisi serta menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat;

Pendidikan. Orang tua hendaknya memberikan stimulasi yang tepat sesuai tumbuh kembang anak. Hal itu penting untuk perkembangan kognitif, psikomotorik, dan psikologis anak;

Pengasuhan. Pemberian kebutuhan akan Kesehatan dan Pendidikan tersebut tak terlepas dari pola asuh. Orang tua hendaknya memberikan pola asuh yang efektif dan positif;

Perlindungan. Maksudnya, orang tua membatasi penggunaan gawai dan pengelolaan emosi yang tepat.

 

Agar keempat kebutuhan dasar bagi anak usia dini itu bisa dilakukan, kata Bunda Romi, orang tua hendaknya menggunakan bahasa yang sederhana dan konkret dan disampaikan dengan penuh ekspresif.

“Gunakan cara-cara sesimpel mungkin dan dengan bahasa dan gaya yang menarik perhatian anak, “ujar psikolog yang juga pemilik ESSA Consulting. Sebuah lembaga yang bergerak dibidang pelayanan psikologi organisasi dan Pendidikan.

Baca juga :

Meskipun Pandemi, Kebutuhan Dasar Anak Tetap Harus Dipenuhi

Karena Pandemi, Chendany Menyadari dan Belajar Jadi Orang Tua.

Bunda Romi juga mengingatkan, bahwa anak usia dini itu rentang konsentrasinya terbatas, sehingga tidak bisa menerima paparan stimulasi yang berkepanjangan. “Perlu ada jeda beberapa waktu agar anak kembali semangat dan konsentrasi, “katanya.

Yang tak kalah penting, lanjutnya, anak usia dini itu bisa dikatakan peniru ulung. Karena itu, orang tua perlu mengajarkan dengan contoh serta menghindari labelisasi anak, seperti menyebut bodoh, tolol, dan lain-lain.

Agar kebutuhan dasar anak usia dini itu bisa tercapai sebaik-baiknya, Bunda Romi memberikan beberapa tips atau panduan bagi orang tua, yaitu :

  1. Rutin memantau tumbuh kembang anak. Hal itu bisa dilakukan melalui keaktifan di layanan seperti posyandu, klinik kesehatan ibu dan anak dan unit kesehatan lainnya;
  2. Lakukan stimulasi melalui berbagai aktivitas di rumah sesuai karakteristik perkembangan anak;
  3. Lakukan sinergi dengan satuan Pendidikan seperti PAUD;
  4. Lakukan komunikasi efektif sesuai usia;
  5. Terapkan pola asuh efektif sesuai situasi dan kondisi yang dihadapi anak;
  6. Terapkan pengawasan penggunaan gawai;
  7. Kelola emosi orang tua dan ajarkan anak mengelola emosinya;
  8. Bekali anak dengan berbagai kecakapan hidup;
  9. Bekali anak dengan kemampuan mengatur diri sendiri

Penulis   : Ifina Trimuliana

Editor     : Yanuar Jatnika

 

Baca juga :

Anak Belajar di Rumah, Orang Tua Perlu Aktif dan Kreatif

 

 

Bagikan Artikel Ini

Komentar (0)

Silahkan Login untuk memberi komentar