Pemerintah Penuhi Hak Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Sejak PAUD

Paudpedia--- Pemerintah melalui Direktorat PAUD, Kemdikbud, telah memenuhi hak pendidikan anak berkebutuhan khusus (ABK) sejak jenjang  PAUD. Pemenuhan hak pendidikan terhadap ABK itu yaitu berupa penanganan maupun pelayanan secepatnya dengan memperhatikan berbagai gangguan dalam perkembangan (terutama fisik dan indera).

"Patut disyukuri, melalui Direktorat PAUD, hak anak berkebutuhan khusus untuk memperoleh layanan pendidikan berusaha untuk dipenuhi di satuan PAUD. Sejumlah lembaga PAUD juga telah melakukan pendidikan inklusif sesuai amanat Undang Undang. “

Demikian dikatakan  pakar pendidikan anak berkebutuhan khusus dari Universitas Negeri Jakarta, Indra Jaya dalam webinar Bimbingan Teknis BOP PAUD Anak Berkebutuhan Khusus dan Layanan Khusus di Jakarta, Kamis (18/9). 

Selanjutnya, menurut Indra, intervensi dini terhadap ABK sangat penting untuk mengembangkan potensi atau kemampuannya. Perkembangan kemampuan anak berkebutuhan khusus perlu digali dan agar potensinya bisa dilihat dengan bagaimana baiknya berkembang sesuai yang dimiliki oleh ABK tersebut.

Baca juga :

Indra mengatakan, jika intervensi pemenuhan hak anak usia dini tidak dilakukan atau melakukan penundaan terhadap ABK, hal itu dapat memperlambat potensi yang dimilikinya dan juga mempengaruhi perkembangannya sehingga akan semakin sulit ditangani jika sudah umur dewasa. 

Indra juga menjelaskan,  intervensi dini yang tepat itu melalui deteksi pada anak berumur 0 sampai 5 tahun. Pada fase tersebut, harus memperolah beberapa fakta dan menganalilis, difabilitas atau ketidakmampuan apa saja yang terlihat. Selanjutnya orang tua dapat berkonsultasi kepada ahli yang menangani ABK sesuai kondisinya.

Dikatakan, langkah-langkah intervensi dini yang dimulai dari mengidentifikasi dan secepatnya dilakukan asesmen. Hal yang dapat dilakukan adalah   mencari informasi tentang segala aspek yang melekat pada anak seperti ciri fisiknya dan bagaimana perilakunya. Setelah itu baru mengintervensi dan terakhir melakukan tindakan dengan tepat.

Baca juga :  Tips untuk Guru PAUD Dalam Mendampingi AUD Tunanetra

PAUD Inklusi

Salah satu jenis lembaga pendidikan tingkat PAUD yang tepat menangani ABK adalah PAUD inklusi, yakni sistem layanan pendidikan yang mengatur agar difabel dapat dilayani di sekolah terdekat, di kelas reguler bersama-sama teman seusianya. Tanpa harus dikhususkan kelasnya, siswa dapat belajar bersama dengan aksesibilitas yang mendukung untuk semua siswa tanpa terkecuali difabel.

Inklusif dapat berarti bahwa tujuan pendidikan bagi peserta lembaga pendidikan baik itu dari sekolah dasar sampai tingkat universitas yang memiliki hambatan adalah keterlibatan yang sebenarnya dari setiap siswa dalam kehidupan sekolah yang menyeluruh.

"Pendidikan inklusif dapat berarti penerimaan siswa atau mahasiswa yang memiliki hambatan ke dalam kurikulum, lingkungan, interaksi sosial dan konsep diri (visi-misi) sekolah atau universitas, “katanya.

Pendidikan inklusif bertujuan untuk menyatukan atau menggabungkan pendidikan reguler dengan pendidikan khusus ke dalam satu sistem lembaga pendidikan yang dipersatukan untuk mempersatukan kebutuhan semua. Pendidikan inklusif bukan sekadar metode atau pendekatan pendidikan melainkan suatu bentuk implementasi filosofi yang mengakui kebhinekaan antar manusia yang mengemban misi tunggal untuk membangun kehidupan bersama yang lebih baik. “Tujuan pendidikan ini untuk menyatukan hak semua orang tanpa terkecuali dalam memperoleh pendidikan," paparnya.

Penulis   : Eko BH

Editor    : Yanuar Jatnika

Bagikan Artikel Ini

Komentar (0)

Silahkan Login untuk memberi komentar