Tip Membangun Kepercayaan Diri Anak

AnggunPAUD—Rasa percaya diri adalah hal penting untuk perkembangan emosional anak. Anak-anak yang percaya diri akan  percaya pada kemampuan mereka miliki sehingga mereka dapat bergaul dengan orang lain dan merespons secara positif terhadap lingkungan sosial. Percaya diri bukan berarti anak  terlalu percaya diri sehingga menjadi tinggi hati, tetapi maksudnya percaya pada kemampuan diri sendiri dan mengetahui apa yang dapat ia lakukan. Kepercayaan diri pada anak-anak ini terbangun dari hal-hal sebagai berikut:

  • Mengetahui bahwa mereka dicintai dan bahwa mereka adalah bagian dari lingkungannya
  • Ciptakan pembelajaran yang bermakna bagi anak yang melibatkan anak secara aktif
  • Mendapat dorongan untuk mencoba hal-hal baru, menemukan hal-hal yang mereka kuasai dan dihargai untuk hal-hal yang penting bagi mereka.

 

Agar anak dapat tumbuh dengan rasa percaya diri, berikut adalah tips yang dapat dilakukan oleh guru:

Ciptakan Peluang Untuk Belajar Melalui Kegiatan Bermain

Anak-anak belajar tentang diri mereka sendiri, orang lain dan dunia di sekitar mereka melalui permainan, jadi jika guru memberikan banyak kesempatan untuk bermain, menjelajahi, menemukan minat mereka, memecahkan masalah dan mengatasi tantangan, maka hal itu akan meletakkan fondasi yang kuat untuk membangun kepercayaan diri anak.

Contoh: bermain peran, bermain drama, balok dan lain-lain.

s

Berikan Tanggung Jawab Sederhana pada Anak

Percaya diri dapat terbentuk dari kegiatan yang diikuti anak selama kegiatan pembelajaran seperti memberikan tanggung jawab pada anak, dengan memberikan tanggung jawab ini dapat melatih anak untuk percaya pada kemampuan yang dimilikinya. Adapun contoh tanggung jawab yang dapat diberikan pada anak selama di satuan PAUD diantaranya: memimpin berdoa bergantian, membagi jadwal untuk bercerita di hadapan teman-temannya, dan lain-lain.

Ciptakan Rasa Nyaman pada Anak

Guru perlu membantu anak merasa nyaman dengan emosi mereka dengan menerimanya tanpa menghakimi. Dengan melakukan itu, guru memahami perasaan anak dan menunjukkan bahwa guru menghargai apa yang mereka katakan dan rasakan. Contoh: ketika anak gugup tampil guru perlu memotivasi anak agar anak tidak gugup tanpa menghakimi kelemahan anak.

 

Berikan Pujian pada Anak

Ketika anak melakukan sesuatu yang positif guru sebaiknya memberikan pujian. Pujian ini membantu anak untuk percaya pada kemampuan dirinya. Misalnya ketika anak memperlihatkan karya gambanya, cobalah untuk memberikan komentar positif terhadap proses yang dilakukan saat anak menggambar bukan hasil gambar itu sendiri dan berikan penguatan yang menambah semangatnya, dengan mengatakan, “Ibu guru lihat Dinda konsentrasi sekali saat memberikan warna pada gambar yang dibuat, coba ceritakan gambar yang Dinda buat dan warna apa saja yang digunakan?” Ifina Trimuliana

Referensi

About self estem children 1-8 years. 2017. raisningchildren .net.au, the Australian parentingwebsite. https://raisingchildren.net.au/toddlers/behaviour/understanding-behaviour/about-self-esteem

Building confidence in your child prior to early school.2017.the spoke Australian blog.http://thespoke.earlychildhoodaustralia.org.au/building-confidence-child-prior-early-school/

Bagikan Artikel Ini

Komentar (0)

Silahkan Login untuk memberi komentar