Tips mengasah kreativitas anak

AnggunPAUD—Sobat PAUD, Kreativitas merupakan kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk menemukan dan menciptakan suatu hal baru, cara-cara baru, dan model baru yang berguna bagi dirinya dan masyarakat. Kreativitas ini terbentuk bukan hanya karena faktor bawaan, akan tetapi juga dipengaruhi faktor stimulasi dari lingkunnga, artinya setiap anak mempunyai potensi untuk kreatif sejak lahir, namun membutuhkan peran orang dewasa untuk mengasah potensi kreatif tersebut.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengasah kreativitas anak:

  1. Menyediakan lingkungan bermain untuk anak

Anak-anak memiliki kemampuan bawaan yang luar biasa untuk menjadi kreatif ketika mereka bermain dengan bebas sendiri. Oleh karena itu, menyediakan dan menjaga permainan dan aktivitas sederhana. Misalnya, dia bermain lego, maze, puzzle dan balok. Guru dan orang tua membiarkan anak berimajinasi ketika bermain tersebut.

 

Selain itu, dorong anak untuk bereksplorasi dengan menyentuh, menepuk, membenturkan, menuangkan, mencicipi, mencari, mendengarkan, mengotak-atik, menyatukan, mengenal alat dan bahan. Semua hal ini dapat memicu rasa ingin tahu anak serta membangun kreativitasnya.

 

Guru juga dapat mengajak anak  bermain peran. Permainan seperti ini lebih dari sekadar alasan untuk mengenakan kostum, atau bermain polisi, tapi melalui permaianan ini anak dapat mengembangkan imajinasi, bahasa, keterampilan memecahkan masalah, dan pemahaman tentang simbolisme, analogi, dan metafora. Ketika mereka bermain dengan boneka atau tokoh aksi, mengarang cerita, menjadi singa dan harimau, atau mengarungi lautan dalam kotak kardus, anak-anak menggunakan dan mengembangkan imajinasi mereka

 

Permainan lain yang dapat menunjang kreativitas anak yaitu berkolaborasi melalui bermain sosial. Ketika anak-anak menjadi dewasa, mereka mulai lebih banyak berinteraksi dengan anak-anak lain. Mereka belajar tentang berbagi dan bergiliran; tentang menjadi dalam kelompok atau dalam tim. Mereka mulai mengerti bahwa hanya karena mereka tahu sesuatu tidak berarti bahwa orang lain juga tahu. Mereka belajar berkomunikasi, mengatakan apa yang ingin mereka lakukan atau tidak lakukan. Jenis permainan ini disebut "permainan sosial," dan itu merupakan dasar untuk komunikasi pribadi dan sosial sepanjang hidup anak. Faktanya, berkomunikasi dengan orang lain adalah bagian penting dari proses penemuan.

  1. Dorong anak untuk mengaktifkan panca indera mereka

Bantu anak-anak mengaktifkan indera mereka. Paparkan anak-anak  ke dunia sehingga mereka dapat menggunakan semua indera mereka, artinya guru dan orang tua perlu mengenalkan anak dengan lingkungan, dengan demikian anak mendapatkan kesempatan untuk belajar dari lingkungan tersebut, misalkan memberi waktu anak bereksplorasi di taman, kebun, dan lain-lain.

3.     Bantu anak-anak mengembangkan minat mereka Perhatikan minat anak, sediakan materi dan kegiatan untuk mendukung minat tersebut, misalnya anak yang suka melukis maka sediakan perlengkapan melukis untuk menanjang minatnya tersebut.  Anak-anak membutuhkan banyak kesempatan untuk bermain dan berpikir untuk menjadi kreatif. Mulailah dengan memberikan kegiatan yang didasarkan pada minat dan gagasan anak-anak. Ini berarti mempelajari cara, mendengarkan dengan sungguh-sungguh apa yang dikatakan anak-anak.
Guru juga perlu untuk menawarkan kepada anak-anak berbagai bahan dan pengalaman untuk menjadi kreatif. Menjadi kreatif lebih dari sekadar menggambar atau melukis. Ada juga fotografi, musik, karyawisata, bekerja dengan kawat, tanah liat, kertas, kayu, air atau bayangan. Kemungkinannya tidak terbatas. Sangat penting untuk memberikan anak-anak banyak waktu untuk mengeksplorasi materi dan mengejar ide-ide mereka. Ini termasuk waktu untuk memikirkan bagaimana merencanakan, merancang, membangun, bereksperimen, dan merevisi ide-ide proyek. 

  1. Hargai karya dan ide anak

Menghargai karya dan ide anak merupakan hal penting yang tidak boleh dilupakan oleh guru dan orang tua. hargai keunikan masing-masing anak untuk memelihara kepercayaan dan kreativitasnya. Adakan pertemuan kelompok di mana anak-anak dapat dengan bebas mengekspresikan gagasan, khususnya di bidang pemecahan masalah.

 

Membina proses kreatif dapat dilakukan dengan mendorong anak-anak untuk membuat pilihan sendiri adalah suatu hal yang sangat penting. Anak-anak harus sering diberi kesempatan - dan banyak waktu untuk mengalami dan mengeksplorasi materi. Berikan penekanan pada proses kreativitas dan bukan pada produk jadi. Apa yang dipelajari dan ditemukan anak-anak tentang diri mereka sangat penting untuk perkembangan mereka. Tunjukkan dukungan untuk proses kreatif dengan menghargai dan memberikan dukungan untuk upaya anak-anak.

 

  1. Menggunakan pertanyaan yang mendorong kreativitas anak

Pertanyaan terbuka adalah cara yang bagus untuk membuat anak kreatif. Dengan pertanyaan tersebut memunculkan ide-ide baru dan membantu anak merumuskan tanggapan pribadi terhadap pertanyaan-pertanyaan yang diajukan tersebut. hal ini adalah unsur yang sangat penting dalam membentuk kreativitas. Berikut adalah pertanyaan terbuka yang dapat diajukan pada anak:

Kenapa burung bisa terbang?

Apa yang terjadi jika malam hari tidak ada cahaya lampu? Kenapa kita harus sarapan pagi?Namun yang perlu diingat oleh guru dan orang tua saat memberikan pertanyaan adalah pastikan pertanyaan tersebut tidak terlalu sulit untuk anak. Oleh karena itu perlu untuk menyesuaikan pertanyaan dengan pengetahuan yang dimiliki oleh anak. Ifina Trimuliana 

Referensi

https://psychcentral.com/blog/9-ways-to-support-your-childs-creativity/ https://www.scholastic.com/teachers/articles/teaching-content/how-promote-creative-thinking/ https://www.education.com/magazine/article/inventiveness-taught/ https://blogs.cofc.edu/ecdc/2018/11/02/creativity-imagination-and-inventiveness/ https://www.pbs.org/wholechild/providers/play.html#:~:text=What's%20important%20in%20any%20creative,and%20cope%20with%20their%20feelings.&text=Creativity%20also%20fosters%20mental%20growth,of%20thinking%20and%20problem%2Dsolving https://www.pbs.org/wholechild/providers/play.html#:~:text=What's%20important%20in%20any%20creative,and%20cope%20with%20their%20feelings.&text=Creativity%20also%20fosters%20mental%20growth,of%20thinking%20and%20problem%2Dsolving

Bagikan Artikel Ini

Komentar (0)

Silahkan Login untuk memberi komentar