Ciri-Ciri Anak Kreatif

AnggunPAUD—Sobat PAUD, Kreativitas adalah kemampuan untuk menghasilkan kebaruan. Kreativitas ini berkaitan dengan segala jenis aktivitas atau produk, baik idea, fisik, dan aktivitas sosial. Orang tua dan guru perlu mengenali ciri-ciri kreativitas ini agar anak mendapatkan layanan yang tepat. Adapun ciri-ciri yang dapat diamati  yaitu sebagai berikut:

  1. Memiliki rasa keingintahuan yang tinggi

Pada dasarnya setiap anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, dan rasa ingin tahu ini merupakan dasar untuk anak menjadi kreatif. Maka tidak heran dalam kehidupan sehari-hari kita sering menjumpai anak-anak yang mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang bahkan kita sebagai orang dewasapun kadang kebingungan untuk memberikan jawaban yang tepat. contoh yang menggambarkan rasa ingin tahu anak yaitu ketika anak berseksplorasi dilingkungan rumah. Anak bermain tanah, menggali-gali tanah sampai akhirnya anak menemukan cacing sehingga ia membangun pengetahuannya bahwa cacing hidup di dalam tanah. Anak-anak yang kreatif akan selalu mencari tahu sesuatu yang baru yang belum ia temukan.

  1. Memiliki kemampuan pemecahan masalah yang bagus

Memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah yaitu anak-anak yang kretaif dengan mudah menghasilkan solusi yang layak dengan menerapkan pengetahuan dan imajinasi dalam situasi tertentu. Contoh, ketika anak ingin mengambil suatu benda di rak yang tidak bisa di jangkaunya, maka anak menggunakan kursi sebagai pijakan agar dapat mengambil benda tersebut.

  1. Menghasilkan sesuatu yang dihargai atau memiliki nilai bagi orang lain

Baik produk dan solusi masalah tidak hanya baru dan bermanfaat, tetapi juga mampu membuat orang terkagum dengan hal tersebut.

Contoh: anak mampu mengeluarkan ide menggunakan botol bekas untuk meletakkan perlengkapan alat tulisnya agar tidak berantakan.

  1. Memiliki kemampuan untuk menciptakan ide atau produk baru.

Biasanya kemampuan ini terlihat ketika anak bermain, misalnya saat bermain peran, anak mampu memerankan watak tokoh sesuai imajinasinya. Begitu juga saat bermain puzzle, anak mampu membangun rumah dengan desainnya sendiri.

  1. Tidak takut menjadi berbeda

Anak yang kreatif biasanya tidak takut menampilkan diri sebagai sosok yang berbeda dari teman-temanya, misalnya ketika kebanyakan teman-temannya menggunakan warna merah untuk mewarnai apel, ia bisa saja menggunakan warna yang lain sesuai dengan imajniasinya, seperti ia warna coklat atau hitam karena apel yang ia ia warnai ialah apel yang sudah busuk sesuai dengan imajinasinya. Jadi anak kreatif kadang mengeluarkan ide-ide yang tidak terduga oleh orang lain. Maka guru harus bijak dalam menghadapi anak yang seperti ini agar tidak di bully oleh teman-temannya.

Cara mudah untuk melihat kreativitas anak adalah dengan mengamati  anak-anak dalam kegiatannya dan berbicara dengan mereka tentang bagaimana mereka berpikir. Guru juga perlu  mengumpulkan dan memeriksa data anekdotal mengenai karakteristik kepribadian anak sebagai  kunci tertentu dari guru untuk menentukan kreativitas anak tersebut. Selain itu orang tua dan teman sebaya juga dapat membantu dalam mengenali anak-anak yang sangat kreatif. Ifina Trimuliana.

 Referensi

https://education.stateuniversity.com/pages/1892/Creativity.html

https://thesecondprinciple.com/creativity/children-creativity/characteristics-of-creative-children/

Bagikan Artikel Ini

Komentar (0)

Silahkan Login untuk memberi komentar