Kunjungan Kerja Direktur PAUD dan Direktur SD ke Kabupaten Muaro Jambi, PHBS Jadi Perhatian Utama  

PAUDPEDIA - Direktur Pendidikan Anak Usia Dini Kemendikbudristek, Dr Muhammad Hasbi dan Direktur Sekolah Dasar, Dra. Sri Wahyuningsih, M.Pd. disela mendampingi Menteri Pendidikan, Kebudayan, Riset Dan Teknologi, Nadiem A Makarim melakukan kunjungan kerja meninjau vaksinasi pelajar, persiapan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas dan bermalam dengan Orang Rimba, suku pedalaman Jambi, juga meninjau persiapan PTM disatuan PAUD dan Sekolah Dasar.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur PAUD dan Direktur Sekolah Dasar selain memberikan sejumlah bantuan  Alat Peraga Edukasi Pendidikan (APE) juga memberikan bantuan sarana dan prasarana sanitasi sekolah yang dibutuhkan satuan pendidikan dimasa pandemi Covid-19 sehingga pelaksanaan PTM Terbatas dapat dilaksanakan.

Direktur PAUD menjelaskan bahwa  Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) disatuan Pendidikan Anak Usia Dini dan Sekolah Dasar tentunya menjadi kebutuhan dasar yang harus dipersiapkan secara baik.

"Di dalam mendukung proses pembiasaan hidup bersih dan sehat, pengelola dan pendidik PAUD dan Sekolah Dasar harus menyediakan sarana dan prasarana yang memadai dan mudah diakses oleh semua peserta didik, termasuk penyandang disabilitas," ujar Direktur PAUD.

Dikatakan, dengan prinsip ketersediaan sarana dan prasarana yang aman, bersih, sehat dan nyaman harus menjadi perhatian bagi pengelola dan guru Pendidikan Anak Usia Dini yang sekaligus mempromosikan perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan satuan PAUD dalam mendukung tumbuh dan berkembang bagi peserta didik.

Pengembangan sanitasi di PAUD mengacu ke konsep pengembangan sanitasi sekolah, yang terdiri dari tiga komponen, sebagai berikut : 

  1. Sarana

Sekolah memenuhi ketersediaan sarana dan prasarana sanitasi, terutama akses terhadap sarana air minum yang aman dari pencemaran, sarana sanitasi (jamban) yang terpisah antara laki-laki dan perempuan serta fasilitas cuci tangan pakai sabun.

  1. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Sekolah melaksanakan kegiatan pembiasaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), seperti kegiatan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) secara rutin, BAB/BAK di jamban, membuang sampah di tempatnya dan meminum air yang layak konsumsi.

  1. Manajemen Sanitasi

Adanya dukungan manajemen sekolah untuk mengalokasikan biaya operasional untuk pemeliharaan dan perawatan sarana sanitasi dan biaya kegiatan PHBS, serta mendorong keterlibatan masyarakat dan berbagai pihak lainnya untuk berpartisipasi.

 

Penulis : Eko

 

 

 

Bagikan Artikel Ini

Komentar (0)

Silahkan Login untuk memberi komentar