Pelatihan Guru dan Tenaga Kependidikan PAUD di Bumi Cendrawasih Papua

PAUDPEDIA  - Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan dan Pemuda, Femmy Eka Kartika Putri, menegaskan pentingnya mewujudkan PAUD berkualitas di Bumi Cendrawasih yang menjadi fokus utama program kerja Pokja Bunda PAUD di Papua merupakan langkah strategis untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul sejak usia dini. Hal itu disampaikan Deputi Menko PMK ketika menjadi pembicara secara daring dalam Pelatihan Tutor Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Papua. Acara yang dilakukan secara daring dan luring ini diselenggarkan oleh Ketua Pokja Bunda Provinsi Papua dengan dukungan penuh dari Bunda PAUD Provinsi Papua, Bunda Yulce W Enembe, SH.

Dalam sambutannya, Femmy memberikan pesan dan motivasi untuk pendidik atau tutor PAUD agar dapat terus meningkatkan kemampuan dan pengetahuannya sehingga dapat memberikan pendidikan terbaik untuk anak-anak usia dini khususnya di Papua.

Femmy menjelaskan Pendidikan Usia Dini sangat penting dan menjadi salah satu pilar dari Pengembangan Anak Usia Dini (PAUD HI). Usia ini merupakan golden ages yang akan menjadi cikal bakal SDM berkualitas di masa depan.

Dia berpesan kepada pendidik PAUD, harus memiliki pemahaman tentang pondasi dasar Pendidikan Anak Usia Dini dalam hal: fisik; kognitif; sosial, spiritual, moral; serta perhatian dan kasih sayang. Dengan pemahaman mendasar tersebut, diharapkan pendidik mampu memberikan stimulasi pada ke-4 aspek tersebut.

"Jika hal ini berhasil dilakukan maka kita akan memetik manfaat jangka panjang dalam perkembangan kognitif dan sosial, meningkatkan prestasi akademik dan juga interaksi sosial. Dan hal yang juga tidak boleh dilupakan adalah menanamkan pendidikan karakter sejak dini”, ujar Femmy saat memberikan pemaparannya, dalam acara yang dilaksanakan secara daring.

Dalam praktiknya, pembelajaran PAUD saat ini terancam dengan adanya pandemi Covid-19. Banyak kendala yang dihadapi guru, orang tua, dan anak selama pembelajaran jarak jauh, terlebih di Provinsi Papua yang secara geografis belum sepenuhnya dapat mengakses pembelajaran jarak jauh.

Langkah konkrit yang dilakukan sebagai tindak lanjut Peluncuran Rencana Aksi Nasional Pengembangan anak Usia Dini Holistik Integratif (RAN PAUD HI) salah satunya melalui pelatihan bagi pendidik atau tutor PAUD. Bunda PAUD Provinsi Papua bertekad melaksanakan kegiatan pelatihan secara bertahap untuk meningkatkan SDM berkualitas dan berdaya saing sejak usia dini sehingga kualitas SDM Papua kelak tidak akan tertinggal dengan provinsi lainnya.

Sebagai informasi, Selain Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan, dan Pemuda atau dikenal sebagai Deputi 4, kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua PP Himpaudi, Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud serta para pendidik PAUD dari Kabupaten Membramo Tengah, Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Kerom.

 

Penulis : Eko

Bagikan Artikel Ini

Komentar (0)

Silahkan Login untuk memberi komentar