PAUD Kasih Bunda Dharma Wanita Persatuan Kemensetneg Terima Bantuan Alat Peraga Edukasi

PAUDPEDIA - Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini Kemendikbud Ristek menyerahkan bantuan Sarana Prasarana dan Alat Peraga Edukasi (APE) kepada PAUD Kasih Bunda yang dikelola Dharma Wanita Persatuan Kementerian Sekretariat Negara di Komplek Perumahan Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) Kebon Nanas, Cipondoh, Tangerang, Kamis (10/6).

Bantuan diserahkan oleh Kasubag Tata Usaha Direktorat PAUD, Nia Nurhasanah yang diterima Ketua Dharma Wanita Persatuan Kementerian Sekretariat Negara, Ida Praktikno. Turut mendampingi penyerahan bantuan APE PAUD, Koordinator Bidang Sarana dan Prasarana Direktorat PAUD, Noor Ilman Syahputra.

Bantuan Sarana Prasarana dan APE Tahun 2021 ini disalurkan ke 4100 lembaga PAUD di 425 Kab/Kota di 34 Provinsi. Tahun 2020 lalu, pemerintah hanya menyediakan bantuan APE untuk 409 lembaga atau penyelenggara satuan PAUD. Peningkatan ini merupakan upaya Direktorat PAUD mewujudkan PAUD berkualitas yang merata.

Sebanyak 4100 lembaga calon penerima bantuan APE PAUD telah diseleksi dari pengusul proposal yang tadinya berjumlah 22.766 lembaga.  Sepuluh besar diperoleh provinsi yang memiliki satuan PAUD terbanyak. Sedangkan tiga provinsi dengan jumlah calon penerima terbanyak secara berurutan yakni Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah.

Pendidikan usia dini adalah landasan bagi berkembangnya potensi akademik dan sosial anak. Dukungan ini bertujuan melengkapi upaya para guru dalam memberikan pendidikan yang integratif sekaligus menyeluruh kepada anak-anak usia dini, karena disini fundamen pengembangan sumber daya manusia bermula. Sebagaimana termaktub dalam Sustainable Development Goals 2030, yakni pendidikan anak usia dini yang bermutu.

Renovasi Gedung PAUD Kasih Bunda telah dilakukan  dengàn menambah luas bangunan dari sebelumnya sekitar 100 meter persegi menjadi hingga 450 meter persegi, memperbarui kelengkapan pendidikan, berikut aktivasi panel surya guna menghemat penggunaan energi diharapkan menjadikan PAUD yang dikelola oleh Yayasan Kesejahteraan Sekretariat Negara ini dapat menjadi lingkungan belajar dan bermain yang aman sekaligus menyenangkan.

PAUD Kasih Bunda mendidik 36 anak usia lima bulan hingga empat tahun yang merupakan anak-anak pegawai Kementerian Sekretariat Negara yang dikelola Dharma Wanita Persatuan Kementerian Sekretariat Negara.

Selain di Gedung Krida Bhakti, PAUD Kasih Bunda Dharma Wanita Persatuan Kementerian Sekretariat Negara juga ada di Komplek Perumahan Kementerian Sekretariat Negara Cipondoh.

 

Penulis : Eko

Bagikan Artikel Ini

Komentar (0)

Silahkan Login untuk memberi komentar