Visi PAUD Berkualitas Disamakan, 514 Pokja Bunda PAUD Kab/Kota Dapat Bantuan

PAUDPEDIA – Banyak kalangan masih menganggap PAUD berkualitas identik dengan bangunan besar, beragam alat main, serta memakai seragam sekolah. Padahal PAUD berkualitas adalah satuan PAUD yang memiliki lingkungan belajar yang aman, nyaman dan mampu memfasilitasi anak agar berkembang secara utuh.

“PAUD berkualitas ditentukan dari kualitas layanannya, bukan dari kondisi sarana prasarana dan kelengkapan fasilitasnya,” ujar Dr Nurbiana Dhieni dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Pokja Bunda PAUD di Yogyakarta, Kamis (10/6/2021). Direktorat PAUD Kemendikbud Ristek memberikan bantuan stimulan kepada 514 Kelompok Kerja (Pokja) Bunda PAUD di Kabupaten/Kota  an 34 Pokja Bunda PAUD di seluruh Provinsi di tanah air.

Nurbiana menambahkan bahwa keberadaan sarana prasarana yang baik belum tentu dapat dimanfaatkan dan menghasilkan kualitas layanan yang baik. Maka dalam PP SNP No 57 Tahun 2021 dijelaskan bahwa secara garis besar, layanan berkualitas dibagi menjadi kualitas proses pembelajaran dan kualitas pengelolaan satuan.

Pada sesi materi keempat dalam Bimtek ini, secara umum dijelaskan empat miskonsepsi mengenai PAUD berkualitas. Pertama, bahwa PAUD berkualitas memiliki bangunan besar, beragam alat main dan memakai seragam sekolah. Kedua, PAUD berkualitas mengajarkan baca tulis hitung (Calistung) dengan sistem drill. Ketiga, PAUD berkualitas melakukan kegiatan bermain tanpa perencanaan dan pendampingan. Keempat, PAUD berkualitas sebagai jenis satuan PAUD Holistik Integratif (HI).

Selanjutnya, dijelaskan bahwa ada empat layanan yang harus ada dalam setiap PAUD berkualitas. Pertama, layanan proses pembelajaraan yang baik. Kedua, kemitraan dengan orang tua. Ketiga, pemantauan kebutuhan esensial anak usia dini. Keempat, memiliki pengeolaan sumber daya yang baik.

“Maka dari itu, sangat perlu kesamaan visi mengenai PAUD berkualitas agar nantinya dapat dicapai dengan baik,” tambah Nurbiana.  Tugas untuk memahami PAUD berkualitas ditekankan pada Pokja Bunda PAUD. Sebab dengan pemahaman itu, Pokja Bunda PAUD dapat mengidentifikasi langkah konkret yang perlu diambil untuk menyediakan layanan PAUD Berkualitas serta bergerak dan merefleksi diri secara berkesinambungan sesuai visi yang disepakati.

Dikatakan Nurbiana, bahwa jika PAUD dijalankan secara berkualitas maka secara otomatis standar PAUD HI juga tercapai. PAUD berkualitas juga dinilai dapat menuntaskan banyak program lintas sektor sekaligus seperti permasalah stunting.

Setiap Pokja Bunda PAUD Tingkat Provinsi menerima bantuan sebesar Rp 75 juta, sedangkan untuk  Pokja Bunda PAUD Tingkat Kab/Kota menerima bantuan sebesar Rp 50 juta. Jangka Waktu Pelaksanaan Bantuan 150 hari kalender terhitung sejak 1 minggu setelah dana masuk ke rekening penerima bantuan.

Tujuan Bantuan Stimulan Bunda PAUD Tingkat Provinsi yaitu untuk mendorong peran Bunda PAUD Tingkat Provinsi untuk mewujudkan penyamaan persepsi dan peningkat akses terkait layanan PAUD berkualitas melalui :

Pertama,  koordinasi dengan  Gugus Tugas PAUD Holistik Integratif (PAUD HI), OPD, UPT Kemendikbudristek, Organisasi Mitra (Ormit), Forum PAUD, dan pemangku kepentingan lainnya di  tingkat provinsi.

Kedua, membuat rapat Internal pengurus Pokja Bunda PAUD tingkat provinsi.

Ketiga, melakukan Koordinasi dan Advokasi Bunda PAUD Tingkat Kabupaten/Kota dalam rangka peningkatan akses dan penguatan pendampingan untuk satuan PAUD dan keempat  monitoring dan evaluasi terhadap hasil dari program kerja Pokja Bunda PAUD provinsi dalam bentuk jumlah satuan PAUD yang berhasi ldidampingi di seluruh kabupaten/kota yang ada di  provinsi tersebut.

Sedangkan tujuan Bantuan Stimulan Bunda PAUD Tingkat Kabupaten/Kota yaitu mendorong peran Bunda PAUD Tingkat Kabupaten/Kota untuk mewujudkan penyamaan persepsi dan peningkatan akses terkait layanan PAUD berkualitas melalui:

Koordinasi dengan Gugus Tugas PAUD HI, OPD, UPT Kemendikbud, Ormit, Forum PAUD, dan pemangku kepentingan lainnya di Tingkat Provinsi, melakukan penguatan Kapasitas Pokja Bunda PAUD Tingkat Kecamatan/Desa/Keluarahan, Koordinasi dan Advokasi Bunda PAUD Tingkat Kec/Desa/Kelurahan, Dinas Pendidikan kab/kota dan/atau lembaga/satuan pendidikan dalam bentuk pendampingan kepada satuan PAUD untuk memenuhi unsur kinerja layanan holistik integratif, melakukan Monitoring dan evaluasi terhadap hasil dari kegiatan yang tercantum di Program Kerja Pokja Bunda PAUD.

Untuk tingkat provinsi penerima bantuan adalah Pokja Bunda PAUD Tingkat Provinsi. Jika  Provinsi belum membentuk Pokja Bunda PAUD dapat mengajukan bantuan setelah melaksanakan pembentukan Pokja Bunda PAUD.

Bantuan untuk Bunda PAUD Kabupaten/Kota diterima oleh Pokja Bunda PAUD Tingkat Kabupaten/Kota, atau  Dinas Pendidikan kabupaten/kota atau organisasi mitra PAUD yang ditunjuk oleh bunda PAUD (bagi kabupaten/kota yang belum membentuk Pokja Bunda PAUD)

Agenda Bimtek Penguatan Pokja Bunda PAUD dilakukan dalam rangka lembaga/mitra PAUD memperoleh peningkatan kapasitas . Dilaksanakan secara luring terbatas dan daring via Zoom dari 9 hingga 11 Juni 2021 dengan melaksanaan delapan sesi materi dengan berbagai topik.

Repoter  : Hammam

Editor     : Eko

Bagikan Artikel Ini

Komentar (0)

Silahkan Login untuk memberi komentar