Yuk, Biasakan Menjaga Kebersihan pada Anak

PAUDPEDIA—Ayah Bunda dan Sobat PAUD, saat anak bermain di luar rumah, tidak menutup kemugkinan kuman dan kotoran menempel di tubuh mereka. Jika hal ini tidak diperhatikan dengan baik, maka bisa saja membahayakan kesehatan.

Namun, jangan khawatir anak-anak pada usia ini dapat mencontoh orang lain. Sehingga, orang tua bisa mencontohkan kebiasaan hidup bersih pada mereka. Anak tidak hanya kebersihan lingkungan, tapi juga penting penting menjaga kebersihan lainnya. Nah, kebersihan apa saja yang perlu dijaga? Yuk simak penjelasan berikut ini:

Kebersihan mulut, anak-anak perlu diajarkan untuk menggosok gigi secara teratur dan membersihkan pangkal lidah. Kunjungan ke dokter gigi pun diperlukan untuk memeriksa gigi dan membersihkan karang gigi.

Kebersihan kuku, kuku anak sebaiknya dipotong pendek, karena kuku yang panjang lebih mudah menjadi sarang kuman, dari kotoran yang terselip di kuku. Anak-anak pun harus diawasi agar tidak memotong kuku sendiri. Anak usia dini belum bisa mengontrol gerakan mereka sehingga dikhawatirkan akan melukai diri sendiri.

Kebersihan tubuh, orang tua harus mengawasi dan membantu anak membersihkan bagian-bagian yang sering terlewat seperti belakang telinga dan sela-sela jemari meskipun anak sudah mulai belajar mandi sendiri. Kebanyakan anak senang bermain air, jadi mengajarkan kebersihan tubuh pada anak ketika mandi bisa dilakukan sambil bermain.

Kebersihan tangan, saat bereksplorasi, anak-anak biasanya memegang banyak benda. Bakteri dan kuman di kotoran yang menempel di tangan bisa berpindah dengan sangat mudah ke makanan yang dipegang anak. Jadi, selalu ingatkan anak untuk mencuci tangan setelah bermain, setelah buang air, memegang hewan peliharaan, dan sebelum makan.

Kebersihan kaki, kaki yang tidak sehat ditandai dengan bau. Bau ini bisa disebabkan oleh kutu air, jamur kulit, atau infeksi lain. Jadi, anak-anak harus dibiasakan mencuci kaki beberapa kali sehari, terutama setelah bermain. Setelah dicuci, kaki harus dikeringkan. Jamur yang memicu gatal bisa tumbuh di sela-sela jari kaki. Meskipun kebersihan kaki harus selalu dijaga, ternyata ada manfaat bertelanjang kaki:

  • Meningkatkan keterampilan motoric dasar
  • Membantu perkembangan otot dan ligamen anak
  • Membuat keseimbangan menjadi lebih baik
  • Membuat kaki terasa segar
  • Meningkatkan sirkulasi darah
  • Mengurangi risiko cedera
  • Meningkatkan sensitivitas anak terhadap lingkungan. Tentu saja, setelah bertelanjang kaki, anak-anak harus dibiasakan mencuci kaki.\

Baca juga :

Menjaga kebersihan setelah menggunakan toilet, anak-anak usia dini bisa mulai diajari untuk membersihkan diri setelah buang air kecil dan buang air besar, sesuai perkembangan usia mereka. Tentu saja, jangan lupa setelahnya untuk mencuci tangan agar sisa kotoran tidak menempel.

Menjaga kebersihan saat batuk dan bersin, penularan penyakit lewat batuk dan bersin sangat besar kemungkinannya. Anak-anak perlu diajari cara menutup mulut dengan saputangan atau tisu saat batuk dan bersin, atau dengan lengan jika tidak ada. Setelahnya, anak-anak tetap harus mencuci tangan.

Kebersihan dalam rumah, rumah yang bersih tentu saja mendukung Kesehatan anak. Orang tua bisa mengajari anak untuk membuang sampah ke tempatnya, membereskan mainan, memasukkan baju kotor ke keranjang cucian, juga menjaga kebersihan saat dekat dengan hewan peliharaan.

Kebersihan makanan dan minuman, Pada umumnya, anak-anak senang jajan. Namun, tidak semua jajanan bersih. Orang tua harus mengawasi anak-anak agar tidak jajan di sembarang tempat. Jenis jajanan pun harus diperhatikan, misalnya yang mengandung bahan pengawet, pewarna dari bahan kimia berbahaya, dan zat-zat berbahaya lainnya.

 

Penulis                  : Ifina Trimuliana, M. Pd

Foto                       : Awang

Referensi 

Buku Saku Menjaga Kesehatan Anak Usia Dini. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini 2020

 

Bagikan Artikel Ini

Komentar (0)

Silahkan Login untuk memberi komentar