Upaya Agar Anak Tumbuh Sehat

PAUDPEDIA—Ayah Bunda dan Sobat PAUD, mempunyai anak yang sehat merupakan impian semua orang tua, apalagi jika anak terlihat gemuk. Banyak orang tua yang senang akan hal ini sehingga selalu berusaha agar anak makan yang banyak. Tapi apakah dengan memberikan makanan yang banyak tersebut sehat untuk anak? Ayah Bunda jangan sampai terkecoh akan hal ini. Lalu apa saja upaya yang harus dilakukan? berikut adalah beberapa hal yang dapat Ayah Bunda lakukan:

Memenuhi asupan nutrisi anak, apakah gemuk = sehat? Banyak orang tua yang salah dalam menganggap bahwa anak gemuk itu sehat. Padahal, belum tentu anak gemuk tercukupi kebutuhan nutrisinya secara seimbang. Mungkin saja anak gemuk mendapatkan asupan lemak berlebihan, sementara nutrisi lain yang sangat dibutuhkan untuk perkembangannya tidak tercukupi. Untuk itu perlu memberikan gizi seimbang. Gizi seimbang tidak harus mahal, yang penting tercukupi semua kebutuhan gizi anak.

Menjaga kebersihan, kebersihan adalah hal yang sangat penting bagi kesehatan. Anak-anak usia dini biasanya menyentuh apa saja yang dilihat dan ditemukan. Padahal, beberapa sumber penyakit dapat muncul dari kotoran yang menempel di tubuh anak. Di usia tersebut, anak-anak pada usia ini juga sudah bisa mencontoh orang lain. Sehingga, orang tua bisa mengajarkan dan mencontohkan kebiasaan hidup bersih. Selain kebersihan lingkungan, kebersihan diri penting untuk diajarkan pada anak-anak.

Baca juga :

Mengajak anak bergerak aktif, pada umumnya, anak-anak memiliki energi yang besar. Orang tua pasti akan dibuat lelah, tetapi ada nilai plusnya: anak dan orang tua akan semakin sehat karena aktif bergerak. Meskipun begitu, ada sebagian anak yang lebih pasif. Mereka menyukai kegiatan-kegiatan yang tidak memerlukan banyak bergerak. Terutama pada anak-anak yang telah mengenal gawai.

Mematuhi Jadwal  Imunisasi, bayi yang baru lahir memiliki kekebalan pasif, yaitu antibodi yang didapat dari ibu saat bayi masih dalam kandungan. Namun, kekebalan ini hanya bertahan beberapa minggu atau bulan saja. Setelah itu, bayi akan menjadi rentan terhadap berbagai jenis penyakit. Karena itu, imunisasi diberikan sejak bayi. Imunisasi ini bertujuan untuk membangun kekebalan tubuh seseorang terhadap suatu penyakit, dengan membentuk antibodi dalam kadar tertentu. Selain tujuan itu, imunisasi pun bertujuan mencegah terjadinya penularan penyakit sehingga lingkungan terlindungi dari wabah.

Penulis                        : Ifina Trimuliana M.Pd

Foto                             : Awang

Referensi       

Buku Saku Menjaga Kesehatan Anak Usia Dini. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini 2020

 

 

Bagikan Artikel Ini

Komentar (0)

Silahkan Login untuk memberi komentar