Ciri-ciri Anak Usia Dini yang Sehat

PAUDPEDIA - Ayah Bunda dan Sobat PAUD, lima tahun pertama adalah masa yang sangat penting bagi pertumbuhan anak. Pada masa ini, anak biasanya sangat aktif mengeksplorasi banyak hal. Keaktifan anak-anak usia dini akan membantu perkembangan kognitif, motorik, mental, dan sosial. Tentu saja, agar anak-anak tetap aktif, kesehatan mereka sangat perlu diperhatikan. Apakah Ayah Bunda sudah tahu bagaimana ciri-cirinya? Yuk kita bahas berikut ini:

Tumbuh-kembang anak sesuai dengan usia, perlu Ayah Bunda ketahui sekarang sudah ada sebuah alat ukur yang akurat dan mudah dipahami orang tua, yaitu Kartu Menuju Sehat (KMS). Kartu ini adalah catatan grafik perkembangan anak yang diukur berdasarkan umur, berat badan, dan jenis kelamin. Panduan ini dikeluarkan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) berdasarkan panduan WHO. Selain bisa didapatkan di pusat-pusat kesehatan seperti puskesmas, klinik, atau rumah sakit, KMS juga bisa diunduh di toko aplikasi (play store) dan diisi secara digital.

Postur tubuh tegak dan padat, Tubuh yang tegak dan padat disebabkan oleh pertumbuhan tulang dan otot yang maksimal. Agar memiliki postur seperti ini, asupan nutrisi anak harus seimbang. Dengan demikian Ayah Bunda perlu memberikan makanan yang sehat dan bergizi kepada anak.

Baca juga :

Rambut, kulit, dan kuku bersih dan sehat, Kulit anak yang sehat akan terlihat lembap, tidak kering dan bersisik. Rambutnya pun tampak berkilau dan kuat, tidak mudah rontok. Kuku berwarna merah muda dan tidak rapuh. Warna merah muda pada kuku ini menunjukkan bahwa anak tidak menderita anemia atau kekurangan darah.

Nafsu makan baik dan BAB teratur, Nafsu makan yang baik memastikan anak mendapatkan asupan gizi yang cukup dan seimbang. Makan lahap menunjukkan bahwa tidak ada gangguan mengunyah atau menelan pada anak.

Bergerak dan bereaksi aktif, berbicara lancar sesuai dengan usia, Bermain dan bergerak lincah adalah ciri khas anak-anak. Keaktifan ini merupakan pertanda bahwa anak-anak sehat. Kemampuan untuk merespons dengan berceloteh riang dan melakukan kontak mata juga menunjukkan bahwa anak itu sehat.

Tidur nyenyak dalam waktu cukup, Nutrisi yang cukup menjamin sel-sel tubuh tumbuh dengan baik dan metabolisme tubuh berjalan lancar. Jika semua ini tercukupi, anak akan tidur dengan nyenyak. Inilah saat ideal bertumbuhnya sel-sel tubuh dan otak anak.

Penulis            : Ifina Trimuliana, M. Pd

Foto                 : Awang

Referensi

Buku Saku Menjaga Kesehatan Anak Usia Dini. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini 2020

Bagikan Artikel Ini

Komentar (0)

Silahkan Login untuk memberi komentar