Langkah dan Target Penanganan Covid-19 di Satuan Pendidikan

PAUDPEDIA – Ayah, Bunda, dan Sobat PAUD, penanganan Covid-19 di satuan pendidikan terus diupayakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek)  melalui pembuatan berbagai kebijakan.  Setiap kebijakan yang dibuat mengedepankan prinsip kesehatan dan keselamatan serta tumbuh kembang peserta didik. Kebijakan tersebut juga disertai langkah dan target yang hendak dicapai.  Ada tiga target yang terus diupayakan, yakni target hulu, hilir, dan utama.

Baca juga :

Target hulu, merupakan target untuk menurunkan kasus aktif Covid-19. Langkah yang diterapkan yakni dengan menjalankan 3M (menjaga jarak dan menghindari kerumunan, memakai masker dengan benar, dan mencuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer).

Penerapan 3M di satuan pendidikan dapat dikoordinir oleh Satgas Covid-19 di satuan pendidikan masing-masing dan dibantu Tim Pelaksana UKS/M. Seluruh warga satuan pendidikan yang meliputi peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan dapat diarahkan untuk memahami panduan memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak dengan benar sesuai protokol kesehatan.

Target hilir, merupakan target untuk meningkatkan kesembuhan dan menurunkan kematian akibat Covid-19. Langkah yang diterapkan  adalah prinsip 3T (testing, telusur, tindaklanjut) pada warga satuan pendidikan.

  1. Pada tahap tes, diharapkan warga satuan pendidikan dapat melakukan pemeriksaan dini melalui daftar periksa/screening Dengan demikian jika ditemukan gejala yang mengarah pada Covid-19 dapat segera pergi ke rumah sakit dan/atau tempat isolasi. Sehingga warga satuan pendidikan dapat menghindari potensi penularan ke orang lain.
  2. Pada tahap telusur, Satgas Covid-19 dan Tim Pelaksana UKS/M dapat melakukan pelacakan pada kontak-kontak terdekat warga satuan pendidikan yang diduga/terkonfirmasi positif Covid-19. Setelah diidentifikasi, kontak erat pasien harus melakukan isolasi atau mendapatkan perawatan lebih lanjut.
  3. Pada tahap tindakan, Satgas Covid-19 dan Tim Pelaksana UKS/M dapat berkoordinasi dengan pihak puskesmas terdekat agar warga satuan pendidikan yang terkonfirmasi menderita Covid-19 dapat menjalani perawatan. Jika tidak ada gejala, maka harus melakukan isolasi mandiri di fasilitas yang sudah ditetapkan Pemda. Sebaliknya, jika UKS/M bersama petugas kesehatan dapat merujuk ke rumah sakit yang sudah ditunjuk Pemda setempat.

Target utama, merupakan target untuk membentuk kekebalan kelompok melalui vaksinasi. Kekebalan kelompok yang bisa dicapai dengan vaksinasi diharapkan menjadi akhir dari pandemi Covid-19.

Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) telah ditetapkan sebagai prioritas vaksin. Pelaksanaan vaksinasi bagi PTK dilakukan bertahap berdasarkan tingkat kesulitan ketika menjalani pembelajaran jarak jauh. Mulai jenjang PAUD hingga Pendidikan Tinggi.

 

Penulis : Hammam Izzuddin

Editor   : Ifina Trimuliana M.Pd

Foto      : Awang

Referensi

Panduan Pembelajaran pada Semester Genap Tahun Ajaran dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Covid-19

Materi Sosialisasi SKB 4 Menteri Tentang Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

 

Bagikan Artikel Ini

Komentar (0)

Silahkan Login untuk memberi komentar