80 Dinas Kabupaten/Kota Mendapat Sosialisasi Implementasi SPM PAUD dan Usaha Kesehatan Sekolah 2021

PAUDPEDIA - Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini Kementerian Pendidikan, Kebudayan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) terus berupaya melakukan peningkatan kualitas layanan program PAUD dan perluasan akses sehingga Angka Partisipasi Kasar (APK) Nasional dapat meningkat secara signifikan.

"Untuk itu, pemerintah melalui Direktorat PAUD memberikan bantuan implementasi Standar Pelayanan Minimal (SPM) PAUD dan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) tahun 2021. Guna mempersiapkan lembaga penerima bantuan secara kelengkapan administrasi maka dilakukan sosialisasi secara daring kepada 80 Dinas Kabupaten/Kota dan sebanyak 216 lembaga PAUD yang akan menerima bantuan," ujar Koordinator Fungsi PSD Direktorat PAUD, Maryana pada kegiatan sosialisasi SPM PAUD dan UKS di Jakarta, Selasa (?).

Dengan ditetapkanya Permendikbud no 32 tahun 2018 yang merupakan penguatan terhadap peraturan pemerintah tentang Standar Layanan Minimal (SPM) yang menyatakan bahwa salah satu layanan dasar di bidang pendidikan yang wajib disiapkan oleh pemerintah kabupaten/kota adalah layanan PAUD bagi anak usia 5 tahun sampai dengan 6 tahun.

Penyelenggaraan pendidikan anak usia dini sesuai SPM bertujuan untuk membantu meletakan dasar ke arah perkembangan, pengetahuan, keterampilan dan daya cipta yang diperlukan peserta didik dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya agar bisa mempersiapkan jenjang pendidikan lebih lanjut. Disinilah pentingnya program PAUD Pra Sekolah Dasar dikembangkan oleh Dinas Kabupaten/Kota dengàn membuat regulasi secara tepat.

SPM pendidikan harus dilakukan untuk merinci berbagai hal yang harus disediakan dan dilakukan oleh dinas pendidikan dan sekolah guna memastikan pembelajaran bisa berjalan dengan baik. Standar pelayanan minimal tidak berdiri sendiri, melainkan merupakan tahapan menuju pencapaian Standar Nasional Pendidikan (SNP).

SPM sebagai bagian dari urusan pemerintahan merupakan urusan yang wajib disediakan oleh pemerintah daerah, dan berhak diperoleh setiap warga secara minimal. SPM memiliki nilai yang sangat strategis baik bagi pemerintah daerah maupun bagi masyarakat, yaitu SPM dapat dijadikan sebagai tolok ukur dalam penentuan biaya yang diperlukan untuk membiayai penyediaan pelayanan. Bagi masyarakat, SPM dapat dijadikan sebagai acuan mengenai kualitas pelayanan publik yang disediakan oleh pemerintah daerah.

Program UKS

Seperti diketahui, program UKS merupakan salah satu program yang menurut hasil penelitian sangat besar perannya dalam membantu meningkatkan derajat kesehatan dan kualitas pendidikan di Indonesia. Karena konsep UKS sendiri merupakan segala usaha yang dilakukan untuk meningkatan kesehatan anak usia sekolah pada setiap Jalur, jenis dan jenjang pendidikan mulai dari jenjang PAUD, pendidikan dasar dan pendidikan Menengah.

Sejumlah penelitian Perguruan Tinggi menyebutkan pelaksaan program UKS harus diakui masih belum berjalan maksimal. Hal itu ditunjukkan dengan: 1) Pemahaman anak tentang kesehatan, konsep hidup sehat dan konsep pemahaman makanan bergizi belum baik: 2) Sarpras UKS belum lengkap 3) pemahaman guru tenang arti penting UKS juga belum baik.

Berdasarkan kondisi tersebut Direktorat PAUD mengambil langkah nyata untuk memaksimalkan pelaksanaan program UKS, khususnya dalam kegiatan layanan. Dalam kegiatan layanan yang paling berperan disini adalah pihak lembaga PAUD, walaupun sesuai dengan surat keputusan bersama (SKB) 4 Menteri pelaksanaan program UKS merupakan tanggungjawab Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan dan Kementerian Kesehatan.

Dalam memaksimalkan layanan UKS sebaiknya tidak hanya sekedar bersifat rehabilitatif atau layanan ketika siswa mengalami sakit, akan tetapi layanana yang perlu dan penting adalah layanan yang bersifat promotif dan praventif. Jika layanan promotif dan preventif dilaksanakan dengan baik serta diintegrasikan dengan kegiatan belajar mengajar di sekolah, yang akan membentuk pribadi siswa memiliki kemampuan dan kesadaran akan arti pentingnya kesehatan secara luas.

Penulis : Eko

Bagikan Artikel Ini

Komentar (0)

Silahkan Login untuk memberi komentar