Bunda PAUD Berperan Dalam Sosialisasi PTM Terbatas, Tingkatkan APK dan Cegah Stunting

PAUDPEDIA - Bunda PAUD Kota Palu, Sulawesi Tengah, Diah Puspita Sari Hadianto Rasyid bersama Kelompok Kerja Bunda PAUD Kota Palu melakukan audensi dengàn Direktur Pendidikan Anak Usia Dini Kemendikbud, Dr Muhammad Hasbi di Lantai 7 Gedung E Direktorat PAUD, Rabu (21/4).

Seperti diketahui, Bunda PAUD merupakan predikat yang diberikan kepada istri kepala pemerintah dan kepala daerah (Presiden, Gubernur, Bupati/Walikota, Camat, Kepala Desa/Lurah) atau disandang langsung oleh kepala pemerintahan dan kepala daerah perempuan yang merupakan penggerak utama dalam pembinaan layanan pendidikan bagi anak usia dini (0-6 tahun) di wilayahnya guna mendukung terwujudnya layanan PAUD Berkualitas.

Dalam pertemuan tersebut Direktur PAUD, Dr Muhammad Hasbi menegaskan keberadaan Bunda PAUD sangatlah penting untuk menggerakkan segenap komponen dan sumberdaya yang ada di wilayahnya. Peran Bunda PAUD di seluruh Indonesia harus lebih di tingkatkan lagi. Untuk itu, Pemerintah memberikan bantuan kepada Bunda PAUD ditingkat Provinsi Dan Bunda PAUD Kabupaten/Kota.

Bunda PAUD merupakan sebuah profesi sukarela, yang dilandasi dengan rasa cinta dan kasih sayang, sehingga menjadi lokomotif untuk mendorong segenap elemen dalam masyarakat. Bunda PAUD diharapkan dapat membangun komunikasi dengan semua pemangku kepentingan di wilayahnya masing-masing yang memiliki potensi untuk mengembangkan layanan PAUD.

Dalam mendorong layanan PAUD yang berkualitas, Bunda PAUD diharapkan dapat bergandengan tangan dengan semua elemen masyarakat, agar penyediaan layanan PAUD menjadi optimal. Bunda PAUD diharapkan dapat melibatkan kaum ibu secara aktif, mengingat perannya yang sangat penting dalam mendidik anak usia dini dan menjaga kesehatan anak-anak mereka.

Dalam pertemuan tersebut juga dibahas peran yang dapat dimainkan oleh Bunda PAUD untuk terlibat dalam Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas. Bagaimana Bunda PAUD ikut mendorong terbitnya regulasi serta komitmen daerah untuk dapat lebih peduli terhadap program PAUD Berkualitas, Bunda PAUD juga dapat mendorong daerahnya untuk melaksanakan program Wajib PAUD Pra Sekolah Dasar, ikut memperluas akses layanan PAUD Satu Desa Satu PAUD serta menjadikan program PAUD Holistik Integratif atau PAUD HI dapat terlaksana semakin baik yang berkolaborasi dengàn sejumlah pemangku kepentingan lain. Sehingga dapat mencegah terjadinya stunting (kekerdilan) atau gagal tumbuh kembang anak didaerahnya.

Selamat melaksanakan tugas Bunda PAUD Kota Palu, Bunda Diah Puspita Sari Hadianto Rasyid. Semoga seluruh karya, pengabdian, keteladanan serta kehadiran Bunda PAUD Kota Palu dapat memberi manfaat serta berdampak baik bagi pembangunan Generasi Emas Anak Indonesi khususnya anak usia 0-6 tahun yang ada di Kota Palu.

 

Penulis : Eko

Editor  : Hammam

Bagikan Artikel Ini

Komentar (0)

Silahkan Login untuk memberi komentar