Perlu Komitmen dan Perhatian Pemerintah Daerah Tingkatkan APK dan Layanan PAUD Berkualitas

PAUDPEDIA - Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan  Nomor 9 Tahun 2020 tentang Organisasi dan Tata Kerja  semakin membuat layanan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) terarah, terpadu, terkoordinasi dan visioner dalam setiap pelaksaan programnya. Pengembangan PAUD berkualitas menjadi kata kunci yang saat ini disosialisikan ke lima regional di Indonesia oleh Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini Kemendikbud.

Melalui peraturan tersebut ditegaskan  pengelolaan PAUD, dalam hal ini perumusan kebijakan dan standarisasi, pelaksanaan penjaminan mutu, penyusunan norma, standar, prosedur dan kriteria, fasilitasi penyelenggaraan, pemberian bimbingan teknis dan supervisi semakin bertambah kua.

Semangat tersebut yang mendasari Pembukaan Kegiatan Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Program PAUD Berkualitas Regional 2 di Medan, Sumatera Utara yang berlangsung tanggal 14 hingga 17 April 2021. Rapat dibuka oleh Direktur Pendidikan Anak Usia Dini Kemendikbud, Dr Muhammad Hasbi yang memotivasi Kepala Bidang PAUD dan Dikdasmen Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota untuk meningkatkan APK PAUD dan meningkatkan kualitas layanan Program PAUD di daerahnya.

Dikatakan, saat ini pemerintah terus berupaya untuk memberikan perhatian serta berkomitmen yang sangat besar terhadap  penyelanggaraan Program PAUD yang berkualitas. Salah satu bentuk upaya pemerintah tersebut diterjemahkan oleh Direktorat PAUD dengan membuat inovasi serta terobosan penyelenggaraan program PAUD yang menunjang tercapainya Program PAUD Berkualitas sesuai dengan rumusan yang terdapat dalam Peta Jalan PAUD dan sejumlah inovasi program pembelajaran serta produk layanan sarana serta prasarana pendidikan anak usia dini lainnya.

Sekarang ini  seluruh pemangku kepentingan Pendidikan Anak Usia Dini di hampir seluruh Kabupaten/Kota semakin memahami pentingnya investasi  serta memberikan perhatian sejak di jenjang Anak Usia Dini. Peran PAUD sebagai pondasi pendidikan dasar agar anak siap bersekolah secara holistic dan menjadi target yang dipantau secara global. Hal ini tertuang dalam pesan Suistainable Developmen Goal’s (SDG’S) ke 4 yang meliputi berbagai aspek pendidikan, termasuk partisipasi, kualitas dan hasil pembelajaran.

Juga di dalamnya termasuk bagaimana seharusnya infrastruktur satuan PAUD, kualitas gurunya, keselamatan, kebersihan serta sanitasi sekolah. Dan tentunya yang paling penting adalah komitmen terhadap nilai-nilai kewarganegaraan global dalam pendidikan. Salah satu aspek yang menjadi fokus utamanya adalah kualitas pendidikan. Semoga kegiatan ini memberikan manfaat serta pencerahan bagi seluruh Kepala Bidang PAUD Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota yang hadir pada acara tersebut.

 

Penulis : Eko

Editor   : Hammam

Bagikan Artikel Ini

Komentar (0)

Silahkan Login untuk memberi komentar