Pengelolaan Emosi pada Orang Tua dengan Anak Berkebutuhan Khusus

PAUDPEDIA-Ayah dan Bunda, ada juga orangtua yang diamanahkan Anak Berkebutuhan khusus (ABK), yaitu anak dengan karakteristik khusus yang berbeda dengan anak pada umumnya. Secara khusus mereka menunjukkan fisik, intelektual dan emosional yang lebih rendah atau lebih tinggi dari anak normal sebayanya atau berada di luar standar normal yang berlaku di masyarakat.

Adapun yang termasuk kedalam ABK antara lain: tunanetratunarungutunagrahitatunadaksatunalaraskesulitan belajar, gangguan perilaku, anak berbakat, anak dengan gangguan kesehatan, dan kesulitan bersosialisasi. Karena mereka memiliki kekhususan maka pengasuhannya juga khusus atau berbeda dengan anak pada umumnya. Oleh karena itu, ayah dan bunda perlu cara berbeda dalam mengelola emosi. Apa yang perlu dilakukan oleh Ayah dan Bunda dengan Anak Berkebutuhan Khusus untuk mengelola emosinya? Simak tips-tips berikut ini:

  1. Tumbuhkan rasa percaya diri dalam diri Ayah dan Bunda ketika mengasuh anak.
  2. Kenali sumber-sumber emosi negatif yang akan muncul selama proses pengasuhan. Misalnya Ayah dan Bunda selalu khawatir saat anak ada di tempat baru.
  3. Buat harapan pengasuhan yang sesuai dengan kondisi Ayah dan Bunda serta keluarga
  4. Cukupi waktu tidur agar memiliki cukup energi pada siang hari.
  5. Lakukan kegiatan yang bisa membuat Ayah-Bunda tenang dan rutinkan kegiatan tersebut setiap harinya. Misalnya berjalan di taman setiap pagi agar Ayah dan Bunda bisa menghirup udara segar dan merasa lebih tenang.
  6. Minta bantuan para ahli seperti psikolog atau konselor jika Ayah dan Bunda merasa kewalahan dalam mengatur emosi sehari-hari.

Baca juga :

Orang tua biasanya merasa sedih ketika pertama kali mendapat kabar bahwa anaknya berkebutuhan khusus. Namun, orang tua yang mengalami kesedihan di waktu awal tetap bisa menjadi orang tua yang peduli dan pandai dalam mengurus anak berkebutuhan khusus.

 

Penulis            : Ifina Trimuliana, M. Pd

Foto                 : Awang

Refrensi:

Mengelola Emosi Orang Tua Dalam Proses Pengasuhan. 2020. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini

Teresa. (2016). Child Development And Education. , Columbia. Pearson Education.

Bagikan Artikel Ini

Komentar (0)

Silahkan Login untuk memberi komentar