Sosialisasi Program PAUD Berkualitas Sesuai Pesan SDG's ke-4 dan Rumusan Peta Jalan PAUD Nasional

PAUDPEDIA - Terbitnya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan  Nomor 9 Tahun 2020 tentang Organisasi dan Tata Kerja  membuat layanan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) semakin terarah, terpadu, terkoordinasi dan visioner dalam setiap pengembangan programnya.

“Melalui peraturan tersebut ditegaskan  pengelolaan PAUD, dalam hal ini perumusan kebijakan dan standarisasi, pelaksanaan penjaminan mutu, penyusunan norma, standar, prosedur dan kriteria, fasilitasi penyelenggaraan, pemberian bimbingan teknis dan supervisi semakin bertambah kua,” ujar Nia Nurhasanah, Penanggung Jawab Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Program PAUD Berkualitas Tahun 2021 Regional 1 yang berlangsung di Bali, 8 hingga 10 April 2021.

Dikatakan, dalam Permendikbud tersebut  juga disebutkan bahwa pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Layanan Khusus berada di bawah pembinaan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (Ditjen PAUD Dikdasmen) secara teknis dilaksanakan Direktorat PAUD.

Saat ini, lanjut Nia, pemerintah terus berupaya untuk memberikan perhatian terhadap penyelanggaraan Program PAUD yang berkualitas. Salah satu bentuk upaya pemerintah tersebut diterjemahkan oleh Direktorat PAUD dengan membuat inovasi serta terobosan penyelenggaraan program PAUD yang menunjang tercapainya Program PAUD Berkualitas sesuai dengan rumusan yang terdapat dalam Peta Jalan PAUD.

Menurut Nia, sekarang ini  seluruh pemangku kepentingan Pendidikan Anak Usia Dini semakin memahami pentingnya investasi negara sejak di jenjang Anak Usia Dini. Peran PAUD sebagai pondasi pendidikan dasar agar anak siap bersekolah secara holistic dan menjadi target yang dipantau secara global. Hal ini tertuang dalam pesan Suistainable Developmen Goals (SDG’S) ke 4 yang meliputi berbagai aspek pendidikan, termasuk partisipasi, kualitas dan hasil pembelajaran.

“Juga didalamnya termasuk bagaimana seharusnya infrastruktuk satuan PAUD, kualitas gurunya, keselamatan, kebersihan serta sanitasi sekolah. Dan tentunya yang paling penting adalah komitmen terhadap nilai-nilai kewarganegaraan global dalam pendidikan. Salah satu aspek yang menjadi fokus utamanya adalah kualitas pendidikan,” ujar Nia.

Kegiatan sosialiasi program PAUD berkualitas  di Regional 1 ini diikuti oleh 118 orang penyelenggara, pengelola dan pengambil keputusan di Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota yang terdiri atas 13 peserta dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota Provinsi Kalimantan Selatan, 14 peserta dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota Provinsi Kalimantan Tengah.

Sebanyak  38 peserta dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Timur , 9 peserta dari Dinas Kabupaten/Kota di Provinsi Bali, 10 Peserta dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota di Provinsi Nusa Tenggara Barat, 22 orang peserta dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kotra di Provinsi Nusa Tenggara Timur, 6 peserta dari Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan dan 6 peserta dari UPT PAUD dan Dikmas.

 

Penulis : Eko

Editor   : Hammam

Bagikan Artikel Ini

Komentar (0)

Silahkan Login untuk memberi komentar