Pentingnya Pengelolaan Emosi dalam Proses Pengasuhan

PAUDPEDIA—Ayah, Bunda, dan Sobat PAUD, sebagai orang tua kita akan menjumpai berbagai macam perilaku anak. Ada saatnya anak rewel, tantrum, dan lain sebagainya, namun jangan sampai hal tersebut memancing amarah. Orang tua harus mampu mengelola emosinya agar pengasuhan lebih efektif untuk tumbuh kembang anak.

Pengelolaan emosi adalah kemampuan seseorang mengatur perasaannya sehingga bisa merespon tuntutan lingkungan dengan tepat. Mengelola emosi sangat penting dalam pengasuhan perkembangan emosi anak sangat dipengaruhi oleh bagaimana orang tua memperlakukan anaknya. Orangtua yang mampu mengelola emosi dirinya sendiri dan membantu anak dalam mengelola emosinya akan menghasilkan anak dengan karakter sebagai berikut:

  • Memiliki kemampuan berteman yang baik
  • Memiliki kemampuan konsentrasi yang baik
  • Lebih mampu mengelola emosi negatif dengan tepat. Misalnya tidak memukul orang lain ketika marah
  • Memiliki permasalahan perilaku yang lebih sedikit.

Baca juga :

Berikut adalah Cara mengelola emosi orang tua pada pengasuhan Anak Usia Dini:

  1. Mengenali emosi yang muncul dan penyebabnya. Semakin kita jujur pada diri sendiri, maka semakin mudah kita mengenali emosi kita dan penyebabnya.
  2. Ubah pikiran-pikiran negatif dengan pikiran positif. Misalnya ketika kita berpikir bahwa ‘kita tidak pernah bisa jadi orang tua yang baik’, gantilah menjadi ‘kita sedang berusaha menjadi orang tua yang baik.’
  3. Jangan takut menyampaikan pikiran kita ke orang lain. Misalnya daripada menunggu orang lain untuk membantu kita membereskan piring setelah makan, lebih baik kita bilang, “Sekarang ibu sedang marah karena tidak ada yang membantu membereskan piring. Kita sudah punya perjanjian, setiap orang wajib membereskan piring masing-masing setelah makan.”
  4. Ketika kita merasa ragu, sebaiknya menjauh sebentar. Ketika kita sedang merasakan emosi negatif dan tidak yakin bisa mengendalikannya, lebih baik kita menjauh sebentar dari orang lain sampai merasa cukup tenang.
  5. Latihlah kemampuan mengelola emosi kita setiap hari. Ada lima teknik yang bisa digunakan untuk mengelola emosi negatif kita, yaitu: menarik nafas dalam-dalam, berpikir positif, olahraga, yoga, dan membayangkan sesuatu yang positif.
  6. Minta bantuan para ahli jangan sungkan meminta bantuan para ahli seperti psikolog atau konselor jika emosi negatif kita terasa sangat mengganggu.

 

Penulis            : Ifina Trimuliana, M. Pd

Foto                 : Awang

Refrensi:

Mengelola Emosi Orang Tua Dalam Proses Pengasuhan. 2020. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini

Teresa. (2016). Child Development And Education. , Columbia. Pearson Education.

 

Bagikan Artikel Ini

Komentar (0)

Silahkan Login untuk memberi komentar