Kenali Tujuan Pendidikan Kebencanaan di Satuan PAUD

PAUDPEDIA – Ayah, Bunda, dan Sobat PAUD, Indonesia merupakan negara dengan berbagai potensi bencana. Kondisi itu membuat pendidikan kebencanaan merupakan hal penting bagi peserta didik di berbagai jenjang. Pendidikan kebencanaan adalah pendidikan yang mengintegrasikan materi kebencanaan dalam pendidikan formal sehingga siswa dapat berperan dalam membangun pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperlukan untuk mempersiapkan dan mengatasi bencana, Selain itu dapat membantu peserta didik dan masyarakat untuk kembali pada kehidupan yang normal setelah terjadinya bencana.

Meskipun penting, pendidikan kebencanaan perlu disesuaikan pada setiap tingkatan usia. Di Satuan PAUD pendidikan kebencanaan dilakukan secara sederhana dengan memperhatikan aspek-aspek perkembangan anak agar mudah dipahami. Muatan materi perlu disesuaikan dengan tujuan PAUD secara umum yang tertuang di kurikulum 2013 yaitu bertujuan untuk mendorong berkembangnya potensi anak agar memiliki kesiapan untuk menempuh pendidikan selanjutnya dan kehidupan secara lebih optimal.

Baca juga :

Secara lebih khusus, tujuan dari pendidikan kebencanaan di Satuan PAUD dapat dilihat dari lima dimensi, yaitu :

Dari sudut anak sebagai peserta didik, bertujuan untuk meningkatkan dan menguatkan capaian perkembangan anak. Hal ini tertuang dalam Permendikbud Nomor 137/2014 tentang Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA) yang mencakup aspek nilai agama dan moral, fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, dan seni.

Dari sudut Satuan atau Lembaga PAUD, bertujuan untuk menyelaraskan dan memperkuat layanan pendidikan agar lebih sesuai dengan karakteristik, kebutuhan, dan kondisi masing-masing. Salah satu kunci pelaksanaan pendidikan kebencanaan adalah proses integrasi atau penyesuaian oleh masing-masing Satuan PAUD. Misalnya Satuan PAUD yang berada di dekat gunung berapi, maka pendidikan kebencanaan bisa difokuskan pada bencana letusan gunung berapi.

Dari sudut SDM (Penyelenggara, Pengelola, dan Pendidik) di Satuan PAUD, bertujuan untuk penguatan kompetensi dalam memfasilitasi, menstimulasi, dan berinteraksi dengan peserta didik agar mencapai perkembangan kemampuan anak yang optimal dan berkualitas.

Dari sudut pembinaan, bertujuan untuk meningkatkan keselarasan pembinaan Satuan PAUD di seluruh Indonesia agar lebih terarah, fokus, dan tetap sasaran. Hal ini agar seluruh Satuan PAUD dapat mewujudkan capaian perkembangan anak sesuai dengan STTPA.

Dari sudut pemerintah daerah dan mitra Satuan PAUD, bertujuan untuk memudahkan pemerintah daerah dan mitra dalam memberikan dukungan dan fasilitas sesuai dengan kebijakan dan ciri khas  daerahnya masing-masing. Dengan dukungan tersebut, proses pelayanan di Satuan PAUD dapat berjalan lebih efektif, efisien, berkualitas, dan dapat diperjanggungjawabkan.

 

Penulis : Hammam Izzuddin

Editor   : Ifina Trimuliana M.Pd

 

Referensi

Pedoman Pendidikan Kebencanaan di Satuan PAUD. Ditjen PAUD Kemdikbud. 2019

Boon, H. J., & Pagliano, P. J. 2014, Disaster Education in Australian Schools. Australian Journal of Environmental Education, 30(2), 187–197. https://doi. org/10.1017/aee.2015.8  Boon, H. J., & Pagliano, P. J.

 

 

Bagikan Artikel Ini

Komentar (0)

Silahkan Login untuk memberi komentar