Ide Aktivitas Pembelajaran Bersama Anak Saat di Rumah

PAUDPEDIA—Ayah, Bunda dan Sobat PAUD, dimasa Pandemi Covid 19 saat ini, pastinya kita lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Begitu juga halnya dengan anak yang tidak bisa datang ke sekolah karena masih dalam program belajar dari rumah (BDR).

Situasi seperti ini kadang membuat kita bingung, kira-kira apa yang harus dilakukan untuk mengisi aktivitas pembelajaran anak? Sobat PAUD, seperti yang kita ketahui bahwa anak belajar melalui bermain.

Maka dari itu, Ayah, Bunda dan Sobat PAUD harus cerdas menyiapkan berbagai aktivitas. Ciptakan aktivitas menyenangkan agar anak tidak jenuh. Nah berikut adalah ide aktivitas pembelajaran bersama anak saat di rumah:

1. Bermain huruf dan angka

Ketika Ayah dan Bunda ingin mengenalkan huruf dan angka, lakukan dengan mengajak anak bermain, sediakan alat peraga untuk menunjang permainan tersebut, seperti kartu bergambar, papan angka, balok atau media lainnya yang membentuk angka dan huruf tersebut.

2. Mengenalkan warna dan bentuk

Menganalkan anak tentang warna dan bentuk, ayah dan bunda dapat mengajak bermain tanya jawab dengan berbagai benda di sekitarnya. Misalnya, “Bola ini warnanya apa?” atau “Topi ini bentuknya apa, ya?” Selain itu, bisa bermain tebak anggota tubuh, seperti “Hidung Adik yang mana, ya?” atau “Tangan kanan Adik yang mana?”

3. Bermain menghitung

Kegiatan ini dapat dilakukan saat anak selesai bermain. Orang tua dapat mengajaknya merapikan mainannya kembali. Pada saat itulah kesempatan mengajak anak untuk berhitung, yaitu menghitung jumlah mainan yang ia punya, seperti berapa jumlah mobil-mobilan, bola, boneka dan mainan lainnya. Dengan demikian, anak akan memahami tentang konsep berhitung.

4. Menggambar dan mewarnai

Siapkan kertas dan krayon yang cukup besar. Biarkan anak menggambar sesuai imajinasinya kemudian mewarnai gambar tersebut. Kegiatan ini dapat mengasah kreativitas mereka dan juga melatih kemampuan koordinasi mata dan tangan. Selain itu juga dapat menstimulasi motorik halus, yaitu ketika anak menggunakan pensil dan krayon.

5. Bermain playdough

Playdough juga bermanfaat untuk mengembangkan imajinasi anak dan melatih otot tangannya melalui kegiataan meremas, memilin, dan menggulung, sehingga kemampuan motorik halus anak akan berkembang dengan baik.

6. Membacakan buku cerita

Agar anak memiliki ketertarikan pada buku dan aktivitas membaca, Ayah dan Bunda dapat membacakan buku cerita untuknya. Libatkan anak dalam aktivitas tersebut, seperti memintanya menunjukkan gambar yang ada pada sampul maupun isi buku. Selanjutnya Ayah dan Bunda hendaknya mampu menceritakannya dengan ekspresif dan minta juga anak menceritakan kembali isi cerita yang ia pahami. Dengarkan ia  dengan baik, kemudian berikan pujian padanya.

7. Menyanyi lagu anak-anak

Bernyanyi adalah salah satu aktivitas yang disukai anak. Melalui bernyanyi mampu menghadirkan keceriaan serta mampu menyampaikan pesan moral baik apa pun padanya.

8. Berikan kesempatan bermain bersama teman sebayanya

Dengan bermain bersama teman sebaya anak akan belajar berinteraksi, berbagi, dan bekerja sama. Namun saat bermain tetap berikan pengawasan pada anak. Selain itu penting juga memberikan motivasi agar ia lebih percaya diri saat bermain bersama temannya. Sebelum bermain Sobat PAUD juga perlu mengenalkan aturan bermain sederhana, seperti harus minta izin ketika meminjam mainan, mengucapkan terima kasih, dan merapikan mainan bersama-sama.

Rumah adalah madrasah bagi anak-anak, maka jadikanlah rumah sebagai tempat ia pertama kali menimba ilmu dan belajar berbagai hal melalui kegiatan sehari-hari yang dilakukannya bersama keluarga. Jadilah pendidik pertama dan utama bagi anak.

 

Penulis             : Rio Kencoro, M,ak

Editor              : Ifina Trimuliana, M. Pd

 

Referensi

jw santroc, psikologi pendidikan (terjemahan) ed.II, jakarta kencana 2008

Margaret E. Gradler LEARNING AND INSTRUCTION : TEORI DAN APLIKASI EDS.6, pustaka pelajar

Bagikan Artikel Ini

Komentar (0)

Silahkan Login untuk memberi komentar