Mengenal Jenis Bullying Pada Anak Usia Dini

Paudpedia - Ayah, Bunda, dan Sobat Paud tahukah bahwa Bullying merupakan hal yang berpotensi dialami anak kita baik di sekolah maupun di lingkungan lainnya? Tak hanya berpotensi mengalami Bullying,  anak juga bisa menjadi pelaku bagi teman sebayanya. Tentu kita tidak menginginkan hal demikian terjadi pada anak kita.

Sebelum itu mari kita bahas apa aitu Bullying, Bullying berarti menggertak menggunakan kekuatan serta kekuasaan untuk menakut-nakuti atau menyakiti anak yang lebih lemah. Baik secara fisik maupun psikologis. Bullying ini terdiri dari beberapa jenis diantaranya yaitu sebagai berikut:

  1. Bullying Fisik

Merupakan perilaku seorang atau kelompok anak yang menyerang menggunakan kekuatan fisik dengan kaki, tangan, badan, atau anggota tubuh lainnya. Contoh : mencubit, mendorong, hingga tindakan fisik yang merugikan orang di sekitar.

  1. Bullying Verbal

Perilaku seorang atau kelompok anak melalui kata-kata yang memiliki arti negatif. Baiknya Ayah dan Bunda mulai mendampingi buah hati agar terhindar dari tindakan mengejek, menertawakan, hingga membandingkan sesamanya. Contoh: bodoh, jelek dan lain sebagainya.

  1. Bullying Sosial

Yaitu perilaku seorang anak dengan sikap membatasi atau mengasingkan teman dari pergaulannya. Tindakan ini bisa berbentuk mengucilkan hingga mendiamkan sesamanya. Biasanya bullying ini juga diawali dengan bullying verbal.

 

Penulis : Hammam Izzuddin

Editor   : Ifina Trimuliana, M. Pd

 

Gambar   : Pixabay

Referensi :

Ian Revers, Neil Duncan, Velerei E. Besags. 2009. Bullying : A Handbook for Educators and Parents. USA : Rowman and Littelfield Education

Buku Saku Pencegahan Bullying Pada Anak Usia Dini. Direktorat PAUD Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2020).

Bagikan Artikel Ini

Komentar (0)

Silahkan Login untuk memberi komentar