Tips Agar Anak Memakai Masker Saat keluar Rumah

Paudpedia—Ayah Bunda dan sobat PAUD, memakai masker atau face shield merupakan suatu kebiasaan, bahkan keharusan, yang baru bagi kita semua untuk pencegahan penularan covid-19. Hal ini termasuk juga bagi anak prasekolah.

Bagaimana  membujuk anak usia dini agar mau memakai masker? Beberapa tips yang dapat dilakukan orang tua agar anak mau memakai masker saat keluar rumah :

Memberikan penjelasan sederhana. Jelaskan kenapa setiap orang sekarang wajib memakai masker, tetapi dan tidak memberikan penjelasan menakutkan bagi anak, contoh:

"Kita memakai masker agar agar debu tidak masuk ke mulut kita."

“Kita memakai masker agar saat kita batuk dan bersin tidak mengenai orang”

“Kita memakai masker agar kita tetap sehat”

Kenalkan masker melalui metode bermain. Gunakan permainan pura-pura untuk membantu anak  terbiasa dengan masker jika mengenakannya

Contoh . “Ayo main toko mainan. Tapi tunggu sebentar ya, ibu  harus bersiap-siap dan mengambil masker.”

Baca juga : 

DISIPLIN DENGAN KASIH SAYANG

Belajar Seni Kriya, Cara Siswa PAUD Belajar Selama Pandemi Covid-19

Bercerita, Awal Kegemaran Literasi Pada Anak Usia Dini

Harapan Baru dari PAUD Alam Islam Bukit Pedas

 

Berikan pilihan pada anak. Berikan kesempatan anak untuk memilih di antara dua masker berukuran anak-anak. Hal ini bertujuan agar anak merasa senang memakai masker pilihannya sendiri.

Membuat kesepakatan sebelum keluar rumah. Penting sekali bagi orang tua untuk membuat kesepakatan bersama anak sebelum keluar rumah untuk menggunakan masker.

Contoh:“Kita akan pergi ke mall, jika adek mau ikut ke sana adek harus memakai masker. Pastikan sebelum berangkat anak sudah memahami aturan ini.”

Mengingatkan anak apabila melepaskan masker. Karena anak-anak memiliki ingatan yang terbatas dan pengendalian diri yang terbatas, orang tua sebaiknyaselalu mengawasi anaknya ketika berada di luar. Apabila anak melepaskan maskernya, orang tua kembali mengingatkan untuk memakainya kembali.  

Gunakan bahan masker yang nyaman untuk anak. Orang tua perlu memperhatikan bahan masker yang hendak diberikan pada anak. Pastikan bahannya lembut, tidak menyebabkan gatal pada kulit dan berbahan adem.

Referensi

 

https://www.zerotothree.org/resources/3593-mask-up-talking-to-young-children-about-wearing-masks

Rebecca Parlakian. 2020. Zero To Three. Mask Up! Talking to Young Children about Wearing Masks.

 

Penulis    : Ifina Trimuliana

Kurator   :  Noor  Ilman Saputra

 

 

Bagikan Artikel Ini

Komentar (0)

Silahkan Login untuk memberi komentar