42 Buku Panduan PAUD Diterbitkan Untuk Dampingi Guru dan Orang Tua Selama BDR

PAUDPEDIA -- Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kemdikbud telah menerbitkan 12 buku panduan belajar tematis yang dapat dipergunakan bagi guru untuk mendampingi siswa belajar dari rumah selama pandemi Covid-19. Sebelumnya, juga telah selesai dibuat 30 buku tematis yang dapat digunakan oleh orangtua dan guru selama siswa belajar dari rumah. Total seluruh buku yang dipersiapkan Direktorat PAUD berjumlah 42 judul buku.

"Jangan sampai anak itu tumbuh-kembangnya tergganggu karena adanya pandemik ini. Karena itu kami siapkan buku panduan Belajar Dari Rumah (BDR) bagi guru dan juga orangtua." Demikian dikatakan Direktur Pembinaan PAUD, Muhammad Hasbi, usai membuka Orientasi Teknis Peningkatan Kompetensi Pendidik PAUD yang diselenggarakan Balai Pengembangan (BP) PAUD dan Dikmas Provinsi Lampung di Hotel Arinas Bandarlampung, Selasa (8/9).

Latar belakang pembuatan buku panduan itu, lanjut Hasbi, sebelumnya guru memegang peran penting dalam mendampingi siswa melalui belajar tatap muka di ruang kelas. namun, selama masa pandemik ini, kesempatan itu hilang karena anak diharuskan belajar di rumah didampingi orang tua.

”Di sinilah kita mengidentifikasi persoalan dan berupaya membuat strategi bagaimana agar orang tua bisa mempunyai kompetensi menjadi pendidik di rumah,” terang Hasbi didampingi Kepala BP PAUD dan Dikmas Lampung, Khairullah, M.Si.

Bacaan terkait :

Untuk itu, dikatakan Hasbi, Direktorat Pembinaan PAUD membuat panduan-panduan yang ditujukan untuk guru dan orang tua agar mampu melaksanakan pembelajaran di rumah. "Kalau tidak ada buku panduan, ini cukup riskan. Kemungkinan anak-anak PAUD tidak akan belajar di rumah, "katanya.

Sebanyak 12 buku panduan ditujukan bagi guru dengan berbagai tema pembelajaran untuk dikerjasamakan dengan orang tua anak didik. Sedangkan khusus orang tua, telah disiapkan30 panduan terkait berbagai tema yang kira-kira dapat disampaikan kepada anak-anaknya di rumah selama masa pandemik.

Harapannya, imbuh Hasbi, buku panduan tersebut dapat membantu para orang tua anak PAUD melaksanakan tugas sebagai pendidik di rumah. ”Jadi, guru memfasilitasi orang tua dan orang tua dapat melaksanakan tugas memendidik anaknya,” tukas Hasbi.

12 buku panduan bahan ajar yang dapat digunakan untuk belajar dari rumah bagi anak usia dini itu antara lain :
1. Bermain Seni Kriya
2. Mengenal Dukungan Psikologis Awal (DPA) bagi orang tua anak usia dini
3. Pentingnya Bermain Bagi Anak Usia Dini
4. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
5. Media Daring
6. Bermain Sains
7. Penilaian Perkembangan Anak Selama Belajar Dari Rumah
8. Pengasuhan Positif
9. Membangun Komunikasi Positif Antara Guru PAUD dengan Orang Tua Murid (Selama Kebijakan Belajar dari Rumah)
10. Bermain Matematika Yang Menyenangkan Dengan Anak Di Rumah
11. Bermain Bahasa di Rumah
12. Bermain Musik dan Gerak

Semua buku panduan tersebut dapat diunduh guru danb orang tua di :
http://anggunpaud.kemdikbud.go.id/index.php/berita/index/20200808114118/12-Bahan-Ajar-Belajar-Dari-Rumah-BDR

Penulis : Eko BH
Editor : Yanuar Jatnika

Bagikan Artikel Ini

Komentar (0)

Silahkan Login untuk memberi komentar