Hari PAUD Nasional Diusulkan Masyarakat Tanggal 3 Januari

Hari PAUD Nasional Diusulkan Tanggal 3 Januari Bertepatan Ulang Tahun Pahlawan Nasional Nyai Walida Ahmad Dahlan

JAKARTA -  Kak Seto Mulyadi sebagai Ketua The Kasur Intitute tengah mengkampanyekan agar tanggal 3 Januari oleh pemerintah ditetàpkan sebagai Hari Pendidikan Anak Usia Dini Nasional. Dipilihnya tanggal tersebut sebagai apresiasi terhadap Pahlawan Nasional Nyai Walida Ahmad Dahlan istri pendiri organisasi Muhammadiyah. 

"Selain itu, kami juga mengusulkan agar pemerintah menetapkan Pak Kasur dan Ibu Kasur yang selama hidupnya mendedikasikan untuk tumbuh kembang anak Indonesia lewat karya dan aksi nyata dapat dijadikan Pahlawan Nasional," ujar Kak Seto yang juga Ketua The Kasur Intitute dalam webinar yang digelar Himpaudi TV di Jakarta, Kamis (30/7).

Menurut Kak Seto, dirinya merupakan saksi sejarah begitu besar dedikasi dan perhatian Pak Kasur dan Ibu Kasur dalam pembangunan pendidikan bagi anak usia dini di Indonesia. "Saya tanggal 4 April  1970 diterima oleh Pak Kasur dan Ibu Kasur untuk menjadi guru di TK beliau di Taman Situ Lembang, Menteng, Jakarta Pusat. Artinya tahun ini saya sudah 50 tahun menjadi guru PAUD," ujarnya.

Dikatakan, perlunya pemerintah menetapkan tanggal 3 Januari dijadikan Hari PAUD Nasional karena PAUD merupakan pilar utama pembentukan manusia Indonesia. Seperti membangun sebuah rumah, PAUD adalah pondasi dan juga lantainya. Sedangkan genting dan internet adalah pendidikan tinggi. 

Dengàn menetapkan Hari PAUD Nasional, menurutnya diharapkan komitmen serta perhatian pemerintah atau Negara terhadap pentingnya PAUD sebagai Investasi di usia emas manusia akan lebih dirasakan.

Hal senada dikatakan Ketua Himpunan Pendidik Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi), Prof Dr Betty Herawati yang sangat mendukung upaya yang dilakukan kak Seto dan anggota masyarakat lainnya dalam memperjuangkan Hari PAUD Nasional. 

"Kami atàs nama guru PAUD di Himpaudi menyambut baik dan mendukung upaya yang dilakukan Kak Seto. Dengàn adanya Hari PAUD Nasional diharapkan kepedulian serta daya dukung pemerintah terhadap PAUD akan semakin kuat," ujarnya. Eko

 

Bagikan Artikel Ini

Komentar (0)

Silahkan Login untuk memberi komentar