Bermain Matematika di Halaman Rumah

AnggunPAUD--Bermain matematika bagi anak usia dini merupakan kegiatan yang dirancang untuk mengenalkan konsep-konsep matematika permulaan dengan cara bermain yang menyenangkan.  Anak-anak sebenarnya mulai belajar matematika dalam kegiatan sehari-hari. Ketika melihat jari-jari tangannya, anak akan belajar berhitung. Ketika anak memiliki 2 kue coklat dan 1 kue diberikan kepada ibunya maka anak akan tahu bahwa kue coklatnya bersisa 1 buah. Keseharian anak sangat dekat dengan matematika, namun banyak yang memahami bahwa matematika hanya tentang angka, penjumlahan dan pengurangan saja. Padahal ada banyak konsep matematika permulaan lainnya yang perlu dikenalkan kepada anak.

 

Pengenalan konsep matematika dapat dilakukan dimana saja baik di sekolah, di rumah, di jalan dan di sekitar lingkungan anak. Kegiatan main matematika di rumah dapat dilakukan di halaman, ruang tamu, ruang makan, kamar tidur, dapur bahkan kamar mandi. Berikut beberapa contoh kegiatan main matematika yang bisa dilakukan di halaman rumah.

Kegiatan main matematika di halaman

1. Mengukur panjang/ lebar halaman

Langkah-langkah permainan:

  • Ajak anak ke halaman, bersama anak anak amati bentuk halaman
  • Tentukan titik awal pengukuran, beri tanda dengan batu atau benda lain
  • Siapkan kertas dan pensil/ spidol
  • Ajak anak untuk mengukur panjang/ lebar halaman dengan langkah kaki anak (dapat dicontohkan terlebih dahulu)
  • Damping anak selama proses pengukuran, setiap anak melangkah ajak/bimbing/amati anak untuk menghitung banyak langkah yang ditempuh untuk mengukur panjang/ lebar halaman
  • Setelah selesai, ajak/bimbing/amati anak untuk menuliskan ukuran panjang/ lebar halaman

Catatan:

*) Sesuaikan Panjang/ lebar halaman dengan kemampuan/ usia anak, apabila halaman terlalu luas ajak anak mengukur setengah panjang halaman atau sesuai kemampuan anak

*) Alat ukur boleh diganti langkah kaki, jengkal, tongkat, penggaris, meteran. Sesuaikan dengan alat yang dimiliki dan kemampuan anak

 2. Mengitung tanaman di halaman

Langkah-langkah permainan:

  • Ajak anak ke halaman, bersama anak amati tanaman-tanaman yang ada di halaman
  • Siapkan kertas atau buku dan pensil/ krayon
  • Ajak anak berkeliling halaman sambil menghitung jumlah tanaman yang ada di halaman. Bimbing/ amati anak selama proses menghitung tanaman
  • Setelah selesai semua tanaman dihitung, bimbing/ amati anak untuk menuliskan berapa banyak tanaman yang ada di halaman.

 3. Mengumpulkan dan menghitung batu-batu

Langkah-langkah permainan :

  1. Saat di halaman, ajak anak untuk mengamati bebatuan yang ada dan mengumpulkannya.
  2. Ajak anak menghitung bebatuan yang dikumpulkan
  3. Anak juga dapat diajak menglompokkan batu-batu daam jumlah yang sama.
  4. Setelah selesai semua tanaman dihitung, bimbing/ amati anak untuk menuliskan (dengan media yang ada) berapa banyak tanaman yang ada di halaman.
  5. Mengurutkan ketinggian tanaman

 

Alat dan bahan:

Pot – pot berisi tanaman

Langkah-langkah permainan:

  • Ajak anak ke halaman, bersama anak temukan letak pot-pot berisi tanaman.
  • Bersama anak, kumpulkan semua pot berisi tanaman di tengah halaman/ tempat yang luas.
  • Ajak anak untuk mengamati persamaan dan perbedaan pot-pot berisi tanaman yang sudah dikumpulkan.
  • Ajak anak untuk mengurutkan pot – pot berisi tanaman berdasarkan ketinggiannya.
  • Bimbing/ amati anak selama proses mengurutkan pot-pot berisi tanaman.
  • Apabila sudah selesai, foto hasil kegiatan mengurutkan pot-pot berisi tanaman.

 4. Berapa plat nomor motor?

Alat dan bahan:

  • Buku/ kertas dan pensil/ spidol
  • Plat nomor mobil

Langkah – langkah kegiatan:

  • Siapkan buku/ kertas dan pensil/ spidol
  • Ajak anak ke halaman (atau garasi) letak motor berada
  • Kenalkan plat nomor pada anak kemudian minta anak untuk menyebutkan plat nomor motornya
  • Minta anak untuk menuliskan plat nomor motor di buku/ kertas
  • Apabila sudah selesai, foto hasil tulisan plat nomor anak

Catatan: Plat nomor motor boleh diganti plat nomor mobil atau nomor rumah. Apabila anak masih bersemangat menulis, boleh ditambahkan menuliskan plat nomor motor yang lain, nomor sepatunya, label-label harga atau angka apapun yang tertulis di benda – benda yang ada di rumah.

Daftar Pustaka

Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, Konsep Matematika Bagi Anak Usia Dini, Jakarta : 2011

Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, Mengenal Angka, Jakarta: 2017

https://childcare.extension.org/basic-math-skills-in-child-care-matching-classifying-and-measuring/

https://www.naeyc.org/our-work/families/things-know-about-math

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 137 Tahun 2014 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini

Bagikan Artikel Ini

Komentar (0)

Silahkan Login untuk memberi komentar