Di Satuan PAUD, Anak Belajar Melalui Bermain

AnggunPaud- Bermain adalah dunia anak.  Mereka akan mengenali, mempersepsi, dan mempelajari berbagai hal melalui bermain. Sebagian orang tua menginginkan anaknya belajar sedini mungkin dengan mengurangi aktivitas bermainnya. Padahal belajar yang sebenarnya pada anak usia dini adalah melalui kegiatan bermain yang menyenangkan.

Ella Yulaelawati, pendiri Rumah Komunitas Kreatif, dalam buku “Investasi di Usia Emas” menyebutkan, menciptakan kegembiraan dalam bermain membuat anak senang. Kesenangan dalam bermain dengan sendirinya akan memudahkan benih kreatifitas yang ada dalam diri anak berkembang. Bahkan filsuf Plato menyadari, anak-anak akan lebih mudah mempelajari Aritmetika melalui bermain.

“ Sudah semestinya pada Pendidikan Anak Usia Dini menerapkan  pola belajar melalui bermain. Anak–anak akan mengganggap kegiatan belajar mereka tak ubahnya seperti bermain, “ujar mantan Direktur PAUD tersebut.

Di dalam kegiatan bermain, anak akan belajar tentang keterampilan sosial, bahasa, fisik dan pemecahan masalah.

Jadi bermainnya anak usia dini merupakan suatu proses penting untuk mengembangkan segala aspek perkembangan. Maka sebaiknya orang dewasa dapat menyiapkan aktivitas bermain tersebut dengan sebaik mungkin.

Pakar Pendidikan asal Italia, Maria Montessory, seperti dikutip David Gettman menuliskan bahwa tugas guru PAUD seharusnya adalah sebagai berikut:

  • Merancang dan menyiapkan bahan - bahan yang ada di dalam lingkungan bermain, bahan-bahan tersebut di atur dengan semenarik mungkin agar mampu menyenangkan anak dan anak menjadi tidak bosan selama di lingkungan sekolah;

 

  • Menjadi fasilitator yang bertugas untuk memfasilitasi aktivitas bermain yang akan dilakukan anak;

 

  • Menjadi pengamat yaitu mengamati bagaimana ketertarikan anak, menyediakan peluang untuk ikut serta supaya perhatian anak tetap terjaga; Ifina Trimuliana

 

 

Referensi

 

  1. Ella Yulaelawati, Investasi di Usia Emas, Yayasan Rumah Komunitas Kreatif, Jakarta, 2018
  2. David Gettman, B. M. (2016). Learning Activities For Under Fives. New York: St.Martin’s Press.

 

Bagikan Artikel Ini

Komentar (0)

Silahkan Login untuk memberi komentar