Generasi Milenial Sadar Gizi

TANPA terasa tahun ini Indonesia memperingati Hari Gizi Nasional (HGN) ke-60 yang diperingati setiap 25 Januari 2020. Di beberapa tempat di Indonesia memperingati HGN dengan berbagai macam kegiatan, mulai dari lomba, membagi-bagi makanan dan diskusi kesehatan. 

Laman Kementerian Kesehatan menulis, dalam peringatan Hari Gizi Nasional ke-60 kali ini dapat menjadi salah satu kegiatan yang dapat mengutamakan upaya bersama berbagai pemangku kepentingan terhadap komitmen, kampanye, edukasi, akses pangan bergizi dan monitorign program sehingga akan tercipta SDM yang sehat, cerdas, dan tangguh. 
 
Tema yang diusung dalam kegiatan Hari Gizi Nasional ke-60 kali ini adalah “GIZI Optimal untuk Generasi Milenial”. Sedangkan slogan yang digunakan untuk HGN ke-60 kali ini adalah “Ayo Jadi Milenial Sadar Gizi”. Kemkes menulis, Peringatan Hari Gizi Nasional ke-60 kali ini memiliki tujuan sebagai berikut: Meningkatkan pengetahuan generasi milenial untuk sadar gizi dan kesehatan Melakukan penyebarluasan informasi dan promosi kepada masyarakat tentang pentingnya gizi optimal dalam mewujudkan pembangunan SDM berkualitas; Meningkatan peran media masa dalam kampanye gizi terhadap remaja sebagai salah satu penanggulangan stunting Meningkatkan komitmen antara pemangku kepentingan baik sektor kesehatan ataupun non-kesehatan di tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, swasta dalam kesehatan dan gizi.

Saatnya kita ciptakan gizi optimal untuk generasi milenial.. Sahabat PAUD, untuk mendukung aktivitas sehari-hari pastinya kalian membutuhkan asupan makanan dan minuman yang sehat dan bergizi. Apalagi bagi kalian nih generasi milenial yang dituntut untuk lebih produktif, kreatif, kritis, dan selalu memaksimalkan produktivitas kerja.

Nah… terpenuhinya gizi pada periode 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) dan masa remaja berperan penting dalam pembangunan kesehatan. Hal tersebut juga sejalan dengan upaya pembangunan sumber daya manusia dalam rangka mewujudkan Indonesia Maju.

Ayo dukung peringatan Hari Gizi Nasional ke-60 Tahun 2020 dengan tetap berperilaku hidup bersih dan sehat, serta untuk generasi milenial agar menjaga kesehatan dan sadar gizi untuk generasi masa depan Indonesia yang berkualitas. Nah, sahabat kurang-kurangin deh makan junkfoodnya hehe
Yukk… jadi milenial yang sadar gizi!

Dilansir Antara, di Solo, Jawa Tengah relawan berkostum wayang membagikan buah-buahan ke sekolah-sekolah. Para relawan ini membagi buah sebagai bentuk kampanye agar anak-anak makan sayur dan buah. Tahun ini, HGN memasuki peringatannya yang ke-60 tahun dengan tema Gizi Optimal untuk Generasi Milenial. Tema ini diangkat dengan tujuan menyadarkan masyarakat terutama generasi muda pentingnya gizi. Kementrian Kesehatan menjelaskan bahwa Indonesia saat ini sedang dihadapi dengan masalah “triple burden” yaitu stunting dan wasing yang masih tinggi. 
 
Penyebab dari kondisi tersebut salah satunya adalah masalah gizi. Maka dari itu Kemenkes menggangkan slogan "Ayo Jadi Milenial Sadar Gizi” Hal ini tentu dengan tujuan meningkatkan pengetahuan generasi milenial untuk sadar gizi dan kesehatan. Selain itu, Kemenkes juga berharap akan ada penyebarluasan informasi baik melalui media sosial maupun media masa akan pentingnya asupan gizi bagi generasi milenial. 
 
Ada beberapa kegiatan yang akan dilakukan pada peringatan HGN ke-60 ini. Beberapa kegiatan itu seperti Lomba fotografi kesehatan, bazar buah, konseling kesehatan, talkshow radio tentang kesehatan dan masih banyak lagi.
 
Sumber : Kemenkes dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak
Ilustrasi gambar: http://freepik.com
 
Kurator : Eko Harsono

Bagikan Artikel Ini

Komentar (0)

Silahkan Login untuk memberi komentar