Ketika Pak Dirjen Mendongeng untuk Hanim

Hari ini Gerakan Nasional Membaca Buku yang dilaksanakan serentak berlangsung semarak disejumlah tempat. Sukacita dan gelak tawa melingkupi PAUD 0 Km di Gedung A Kementerian dan Kebudayaan di Senayan, Jakarta, Sabtu ( 27/7). Kegiatan Gerakan Nasional Membaca Buku bagi anak PAUD berlangsung semarak penuh kegembiraan.

Dirjen PAUD dan Dikmas, Harris Iskandar pun dengan semangat membacakan buku kepada sang cucu yang juga siswa PAUD. Hanin sang cucu pun tampak antusias mendengarkan dongeng sang kakek. Aksi membaca buku ini terekam pada puncak kegiatan GERNAS BAKU (Gerakan Nasional Orangtua Membacakan Buku).

Cara pak Dirjen mendongeng kepada sang cucu sangat ekspresif membuat cucunya dan anak-anak terpana dan antusias mendengarkannya. Sesekali sang cucu menatap wajah sang kakek dengan penuh rasa sayang.

Menurut Harris, mendongeng atau membacakan buku pada anak-anak memiliki beberapa manfaat. Pertama, meningkatkan minat dan kebiasaan anak pada kegiatan membaca buku yang pada akhirnya memperluas wawasan dan pengetahuan anak. Kedua, menjalin kedekatan antara orangtua dan anak-anaknya. Ketiga, ada pendidikan karakter yang ditanamkan pada anak dengan mendengarkan pelajaran moral yang ada di buku itu.

Pada akhirnya, kebiasaan orangtua membacakan buku pada anaknya akan membuat tumbuh kembang anak berjalan sebaik-baiknya," katanya.

GERNAS BAKU diselenggarakan secara serentak di semua lembaga PAUD di seluruh kabupaten/kota di Indonesia. Menurut Harris, merupakan pemicu semangat pada semua lembaga PAUD dan keluarga. “Melalui kegiatan ini, diharapkan lembaga PAUD akan menggelar kegiatan orangtua membacakan buku secara rutin yang pada akhirnya kebiasaan itu terbawa ke keluarga," tambahnya.

Secara tidak langsung, lanjut Harris, kegiatan GERNAS BAKU juga upaya mengalihkan perhatian anak-anak dari kecanduan gawaiyang lebih banyak berdampak negatif. “Masalahnya, tak hanya anak-anak, banyak juga orangtua yang kecanduan gawai, sehingga sulit bagi kita untuk mengalihkan anak-anak dari kecanduan gawai,” katanya.

Bagikan Artikel Ini

Komentar (0)

Silahkan Login untuk memberi komentar