Kiat Menumbuhkan Minat Baca Anak

   AnggunPaud – Kegiatan membaca tidak terlepas dari bahan yang dibaca berupa buku-buku bacaan, majalah, komik, koran atau surat kabar. Di Era teknologi dan informasi saat ini, kegiatan membaca dapat dilakukan lewat media elektronik maupun internet. Bahkan media ini lebih banyak diminati oleh orang dewasa sampai anak-anak. Media elektronik maupun media sosial dianggap lebih praktis dan ekonomis dan memudahkan pembaca memperoleh pengetahuan maupun informasi yang dibutuhkan. Namun di sisi lain media berupa buku, majalah, komik, surat kabar dan sejenisnya tetap dibutuhkan karena buku dan sejenisnya tersebut dapat kita baca kapan saja tanpa tergantung dengan akses listrik maupun internet.

   Membaca buku merupakan kegiatan yang dapat membuka wawasan pembaca tanpa harus memikirkan bahaya radiasi akibat dari membaca. Sayangnya saat ini anak-anak sudah mulai marak menghabiskan waktunya selesai sekolah untuk bermain game maupun internet. Hari-hari mereka disibukkan dengan kegiatan membaca instagram, facebook, game online, dan lain sebagainya. Ditambah sikap orang tua yang kurang tanggap dengan kondisi anak, dan banyak juga sikap orang tua yang mengisi waktu senggangnya dengan memainkan gawai, membaca Whatsapp, facebook, dan sejenisnya, akibatnya sikap orang tua yang memerintahkan anak-anaknya untuk gemar membaca tidak diindahkan oleh anak.

    Kebiasaan membaca dapat ditumbuhkan sejak anak usia dini. Agar anak usia dini dapat mulai mengembangkan kebiasaan membaca yang baik di rumah, di sekolah bahkan sebelum dia belajar membaca. Menurut Amanada Morin dalam www.understood.org, Orang tua dapat mengembangkan dan menumbuhkan minat baca anak dengan cara-cara berikut ini.

Pertama, Bacakan buku dari hari pertama bayi dilahirkan, dan bacakan buku setiap hari. Dari hari ketika bayi baru dilahirkan, Anda dapat mulai membesarkan seorang pembaca. Bayi-bayi yang baru dilahirkan menanggapi irama menenangkan dari pembacaan suara dengan nyaring, sambil memeluk bayi di pangkuan yang hangat, anda bisa membacakan buku-buku cerita anak tentang keteladanan, karakter, dan ilmu pengetahuan. Terus bacakan disamping anak. Hal ini akan dapat menstimulasi otak kanan dan otak kirinya. Juga dapat membantu anak anda untuk berkomunikasi sesuai dengan bahasa anak. Jika anda membuat bacaan untuk anak Anda sebagai bagian dari rutinitas harian anda, ia cenderung tumbuh menjadi pembaca dan akan selalu menantikannya.

Kedua, Biarkan anak melihat anda membaca. Kebiasaan anda membaca dan menyukai bacaan, akan sangat berpengaruh untuk proses tumbuh kembang anak. Jika anda menyukai buku, majalah, atau blog, biarkan anak anda melihat anda membaca. Anak-anak belajar dari apa yang mereka amati. Jika dia melihat bahwa anda senang membaca, anak anda mungkin akan menangkap antusiasme anda juga.

Ketiga, Buat ruang baca. Ruang baca anda tidak harus besar atau memiliki banyak rak buku. Ruang sederhana bisa menjadi sudut sofa atau kursi di kamar anak anda. Memilih tempat nyaman yang memiliki pencahayaan dan ruang yang baik untuk menyimpan satu atau dua buku dapat membantu anak anda belajar untuk menghubungkan kesenangan dan kenyamanan dengan membaca.

Keempat, Lakukan perjalanan ke perpustakaan. Perpustakaan adalah tempat yang bagus untuk menjelajahi buku-buku dan penulis baru secara gratis. Banyak perpustakaan juga memiliki jam cerita atau program melek huruf lainnya untuk anak-anak. Ini memberi anak anda kesempatan untuk mengembangkan kebiasaan membaca yang baik dan melihat anak-anak lain melakukan hal yang sama. Bantu anak dalam memilih buku bacaan yang sesuai dengan usia dan perkembangannya.

Kelima, Biarkan anak-anak yang dapat memilih buku bacaan apa yang harus dibaca. Perjalanan ke perpustakaan itu bisa menjadi sangat istimewa ketika anda memberi anak anda waktu untuk melihat-lihat dan melihat apa yang menarik minatnya. Dia lebih cenderung ingin membaca sesuatu yang dia pilih sendiri. Jika anda khawatir tentang buku bacaan yang tepat atau topik yang sesuai, cukup berikan dia beberapa bagian dari buku untuk dipilih.

Keenam, Temukan buku tentang topik yang menarik minat anak anda. Anda bisa mencarinya lewat media online seperti internet, toko buku online, dan lain sebagainya. Temukan momen membaca dalam kehidupan sehari-hari. Membaca tidak hanya tentang duduk dengan buku yang bagus. Itu juga bagian dari kehidupan sehari-hari. Membaca juga bisa dilakukan dengan aktifitas bermain kartu kata yang bisa anda buat sendiri maupun dibeli di toko buku. Gunakan permainan tebak kata dengan kartu kata dengan mengajak teman-temannya untuk bermain bersama. Ketika anda menjalani hari anda, bantulah anak anda mengamati waktu waktu dimana “momen membaca” sangat menyenangkan. Mereka mungkin dapat membaca kata atau kalimat sesederhana membaca rambu-rambu jalan, daftar belanjaan atau resep.

Ketujuh, Baca kembali buku-buku favorit. Anda mungkin bosan membaca cerita yang sama berulang kali. Tetapi itu dapat membantu anak anda menjadi pembaca. Anak-anak suka melihat hal-hal yang mungkin mereka lewatkan pertama kali dalam cerita atau gambar buku-buku favorit mereka. Membaca ulang juga memberi mereka kesempatan untuk menghubungkan kata-kata yang mereka lihat di halaman dengan kata-kata yang mereka dengar. Akhirnya, anak anda mungkin mulai membaca buku itu untuk anda!

Kedelapan, Pelajari lebih lanjut tentang bagaimana anak-anak membaca. anda mungkin bukan seorang guru, tetapi anda adalah guru pertama anak anda. Anda yang lebih tahu tentang buku buku bacaan yang disukai anak anda saat anak anda bayi, anak-anak kemudian berkembang sesuai dengan usianya. Hal tersebut dapat mengembangkan keterampilan membacanya yang diharapkan pada usia yang berbeda dapat membantu untuk terus dikembangkan. Anda akan dapat mendukung kebiasaan membaca anak anda dengan buku-buku yang sesuai. Ini juga akan membantu anda mengetahui jika anak anda membaca buku yang tidak sesuai dengan jalur.

   Apabila kedelapan kebiasaan membaca tersebut diatas dapat dikembangkan oleh anak-anak kita pada khususnya dan anak-anak indonesia pada umumnya, maka anak-anak kita dapat menjadi anak-anak indonesia yang memiliki wawasan ilmu pengetahuan yang luas dan dapat terus berkembang menuju masa depan anak indonesia lebih maju dan sukses. Tentunya sebagai orang tua kita harus selalu memberikan dukungan kepada anak atas kebiasaan kebiasaan baik yang dilakukan anak khususunya kebiasaan membaca. *

*Penulis :Siti Munfarijah, M.Pd, Pengelola TK Diponegoro 146 Kalibogor & Pegiat Literasi di TBM Mekar Ilmu SITI MUNFARIJAH, Kepala TK Diponegoro 146 Purwokerto Barat

Sumber foto : http://theindependent.sg/children-prefer-to-read-books-on-paper-rather-than-screens/

Bagikan Artikel Ini

Komentar (0)

Silahkan Login untuk memberi komentar