Anak Usia Dini adalah Periode yang Tepat untuk Menanamkan Nilai dan Pendidikan

Bangka-“ Anak usia dini adalah periode yang tepat untuk menanamkan nilai dan pendidikan”, ujar Marwan Zahfari, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung. Hal tersebut disampaikan Marwan saat membuka kegiatan Sosialisasi Standar Pelayanan Minimal dan Sosialisasi Penuntasan Ikut PAUD Pra Sekolah Dasar di Kabupaten Bangka, Bangka Belitung, di Aula Kantor Bupati Bangka (19/9).

Menurut Mazwar, penanaman nilai sejak anak usia dini menjadi sangat krusial agar tidak terjadi krisis moral bagi anak-anak bangsa di masa depan nanti. “Penanaman nilai sejak dini dapat menghindarkan bangsa Indonesia dari krisis moral”, lanjut Mazwar.

Menurut penelitian, perkembangan otak manusia 90% terjadi disaat sebelum berusia 5 tahun. Oleh karena itu usia 0-5 tahun disebut sebagai “golden age”. Hal tersebut disampaikan oleh Kasubdit Program dan Evaluasi, Drs. Muh Ngasmawi, saat memberikan sambutannya. Selait itu beliau menyampaikan beberapa kebijakan Ditjrn PAUD dan Dikmas diantaranya 1) Memperkuat mutu satuan PAUD dan Dikmas yang terakreditasi, mandiri, dan berdaya saing, 2) Meng-upgrade program PAUD dan Dikmas sesuai dengan perkembangan zaman, iptek, dan kearifan local, 3) Memperluas akses terhadap program PAUD dan Dikmas yang tepat sasaran, proses, dan hasil pembelajaran, 4) Mempertahankan wilayah bebas dari korupsi dan terus meningkatkan tata kelola yang akuntabel dan transparan, dan 5) Mempererat hubungan kerja sama pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan pemangku kepentingan.

Pada kegiatan tersebut pula disosialisasikan mengenai Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2018 tentang Standar Pelayanan Minimal. Sosialisasi teesebut disampaikan kepada para peserta yang terdiri dari BAPPEDA, DPKAD, Organisasi Mitra PAUD, dan stakeholder PAUD lainnya.

 

Materi Sosialisasi dapat diunduh pada tautan dibawah ini:

Unduh Materi

Bagikan Artikel Ini

Komentar (0)

Silahkan Login untuk memberi komentar