Peningkatan Kapasitas Implementasi Kurikulum PAUD di 20 Kabupaten\Kota

AMBON – Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini (Direktorat PAUD) melakukan  program Peningkatan Kapasitas Implementasi Kurikulum PAUD  di 20 Kabupaten\Kota di Indonesia. Kegiatan tersebut dilakukan guna meningkatkan dan memberikan pengetahuan, pemahaman, sikap dan keterampilan bagi para guru PAUD dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 di sekolah atau lembaga PAUD yang dikelolanya.

Saat ini jumlah guru TK\PAUD diperkirakan kurang lebih ada 600.000 orang. Dari jumlah  tersebut hanya sebagian kecil yang sudah mendapatkan penguatan implementasi kurikulum 2013 PAUD, masih sangat banyak guru PAUD yang belum mendapatkan pemahaman Kurikulum 2013 PAUD.

“Oleh karena itu, agar dalam penyelenggaraan PAUD tidak terjadi kesalahan dalam mendidik anak usia dini, maka perlu kesepahaman tentang implementasi K2013 di PAUD,” ujar Kepala Subdit Kurikulum Direktorat PAUD Kemdikbud, Kurniati Restuningsih disela acara Penguatan Implementasi K2013 PAUD di Kota Ambon, Maluku, Jumat (20/7).

Dikatakan, pemahaman tentang implementasi kurikulum tersebut dilaksanakan baik melalui penguatan maupun pada kegiatan pemberdayaan guru di Gugus PAUD. Maka, sebagai upaya mempercepat akses penyebarluasan pemahaman K2013 dilakukan kegiatan ini yang tahun 2018 dilakukan di 20 Kabupaten\Kota di Indonesia.

Disebutkan, sasaran penguatan dilakukan sebanyak kepada 60 orang guru PAUD untuk setiap angkatan. Kabupaten yang tahun ini mendapat program ini yaitu Kabupaten Bireun, Kota Mataram, Kabupaten Serang, Kota Bogor, Kota Magelang, Kota Pontianak, Kota Balikpapan, Kota Pelembang, Kabupaten Muna, Kota Ternate, Ibu Kota Jakarta, Kabupaten Belitung, Kota Ambon, Kabupaten Manggarai Barat, Kota Bengkulu, Kota Banjarbaru, Kota Gersik, Kota Denpasar dan Kota Mandailing Natal.

 Menurut Kasubdit Kurikulum, metode dalam kegiatan peningkatan kapasitas implementasi kurikulum PAUD dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran orang dewasa (andragogy). Selama kegiatan berlangsung narasumber menggunakan beragam metode yang mengajak guru lebih aktif dan terlibat sehingga potensi dan semangat mendidik tergali.

Metode yang digunakan berupa dialog, diskusi/kerja kelompok, pengamatan, praktek/micro teaching, games dan bermain sambil belajar. Dengan rasio teori 30 persen dan praktek 70 persen. Kegiatan berlangsung dinamis, active learning/praktik dan menantang kemampuan peserta.

Nara sumber dalam kegiatan ini antara lain; Dr Yudi Sumayadi, Ketua Jurusan PAUD Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Leli Kurniawan, P.hD dari UPI Bandung, Petra Alexy dari Yayasan Qalbun Salim dan Candi Rasyidi dari Planet KIDs. Para nara sumber ini akan membawakan tema tentang pentingnya Seni sejak usia dini.

Untuk program micro teaching yaitu Dr Yuliani Siantani dari Bukit Aksara, C Ninuk Helista dari Bukit Aksara, Hesti Budiyanti (Bukit Aksara), Anie SUsanti dari TPA Istiqlal, Inayah dari TKIT Al Fikri, Bahyudin dari TKI IT Al Fikti dan Annisa Nursofia dari Gagas Ceria.

Sedangkan untuk program materi sosial teknologi, matematika, bahasa, sains pada anak usia dini, perencanaan dan penilaian pembelajaran diberikan langsung oleh tim Direktorat Pembinaan PAUD . “Saya harapkan setelah ini, seluruh pemangku kepentingan PAUD di daerah mulai dari tingkat Provinsi, Kabupaten\Kota dan juga organisasi profesi guru paud  dapat melaksanakan juga agar lebih banyak guru PAUD terjangkau dan tersentuh pendidikan dan pelatihan,” katanya. Eko B Harsono

Bagikan Artikel Ini

Komentar (2)

  • PAUD FATMA KENANGA

    Alhamdulillah, kota bengkulu menjadi salah satu daerah yang terpilih untuk tempat kegiatan implementasi ini...kami berharap ada kegiatan pelatihan lanjutannya

    2018-11-13 21:31:00
  • fatih

    Menurut Kasubdit Kurikulum, cara dalam pekerjaan penambahan kemampuan implementasi kurikulum PAUD streaming tvri dikerjakan bersama memakai pendekatan evaluasi orang dewasa (andragogy). Sepanjang pekerjaan berjalan narasumber memakai bermacam cara yang membawa guru lebih aktif serta ikut serta hingga potensi serta semangat mendidik streaming inews  tergali. Cara yang dipakai berbentuk dialog, diskusi/kerja grup, penilaian, praktik/micro teaching, games serta bermain sekalian belajar. Bersama rasio teori 30 % serta praktik 70 %. Pekerjaan berjalan dinamis, active learning/praktek serta menantang kapabilitas peserta.

    2018-07-24 10:58:00

Silahkan Login untuk memberi komentar