Menghadirkan Sosok Inspiratif kepada Anak

    AnggunPaud - Setiap orang tua pasti memiliki impian dan cita-cita terhadap keluarganya. Termasuk cita-cita untuk mengantarkan anaknya menjadi sukses misalnya. Sukses tidaknya orang tua dalam mengantarkan anak pun juga masih tergantung pada usaha yang dilakukan. Semakin baik usaha yang dilakukan maka semakin dekat pula mengantarkan anaknya pada pintu kesuksesan. Akan tetapi, terkadang motivasi orang tua untuk mengantarkan anaknya sukses sangat kurang dan hanya sekadar ucapan lisan.

     Terlebih orang tua yang tinggal di desa dan berlatar belakang ekonomi pas-pasan. Orang tua seperti ini biasanya akan membiarkan anaknya bertumbuh kembang dengan sendirinya dan hanya berharap nasibnya tidak sama seperti bapak atau ibunya. Pandangan orang tua seperti ini sudah sepantasnya mulai diubah sejak sekarang. Sebab seorang anak juga berhak meraih masa depan dan cita-cita mulianya. Untuk itu, salah satu langkah yang bisa dilakukan orang tua adalah dengan cara menghadirkan sosok inspiratif pada anak. Seperti menghadirkan sosok orang sukses di usia muda, pengusaha,dokter, masinis, pilot, atau sosok-sosok inspiratif lainnya.

     Meskipun menghadirkannya sekadar berkenalan sebentar dan mencium tangan saja namun akan memberikan energi positif yang luar biasa bagi anaknya. Beberapa orang tua mungkin akan mempertanyakan mengapa orang tua perlu menghadirkan sosok inspiratif pada anak? dan bertanya pula apa manfaatnya bagi anak? Berikut adalah ketiga alasan pentingnya dan manfaat yang bisa didapat oleh si anak saat bertemu dengan sosok inspiratif.

Pertama, mengenalkan sosok inspiratif sama halnya membuka cakrawala anak. Anak yang semula masih awam, hanya tahu guru adalah profesi yang menjanjikan, dan atau bahkan sama sekali tidak tahu dengan dunia luar kini menjadi tahu ternyata macam-macam profesi yang bisa membuat sesorang sukses itu beragam jenisnya. Dari sinilah anak akan mendapatkan kesan pertama dan sudah mulai terbuka pikirannya perihal masa depannya mau jadi apa dan bagaimana.

Kedua, menghadirkan sosok inspiratif berarti menanamkan mimpi pada anak. Anak yang barangkali tadinya tidak memiliki mimpi atau biasanya bingung saat ditanya perihal mimpi, kini setelah bertemu sosok inspiratif anak memiliki keyakinan yang besar tanpa ragu terhadap mimpinya. Dari sini, setidaknya anak terinspirasi untuk mencoba meniru dan meyakini dalam hatinya esok akan menjadi sosok yang menginspirasinya itu.

Ketiga, menghadirkan sosok inspiratif adalah membangun harapan pada anak. Saat anak melihat orang lain saja bisa sukses pasti dalam hatinya muncul rasa keinginan untuk menjadi sukses. Selanjutnya anak meyakini bahwa orang lain saja bisa pasti saya juga bisa. Dari sinilah anak akan membangun sebuah harapan untuk masa depannya. Harapan untuk hidup sukes, harapan untuk hidup bahagia, ataupun harapan-harapan lainnya yang diyakini bisa dicapai dengan kerja kerasnya.

sumber gambar : https://www.goodthingsguy.com

Bagikan Artikel Ini

Komentar (0)

Silahkan Login untuk memberi komentar