Manfaat Guru Menyambut Siswanya

    AnggunPaud - Guru merupakan orang tua anak di sekolah. Tugas mereka adalah mendorong serta mengembangkan potensi dan kemampuan anak (siswa) agar semakin maksimal. Selain itu, tugas guru adalah mengembangkan karakter baik. Untuk dapat mencapainya diperlukan positif bonding antara keduanya. Salah satunya adalah dengan cara menyambut siswa di sekolah.

   Dewasa ini, sudah banyak sekolah menerapkan disiplin guru menyambut siswa di gerbang sekolah tiap pagi. Hal tersebut ternyata memberikan banyak manfaat, seperti beberapa hal ini. Pertama, membangun komunikasi yang baik antara keduanya. Dengan menanyakan kabar, menyapa, dan memuji anak ketika menyambut anak, guru membangun pola komunikasi yang akrab. Selain itu, melalui komunikasi tadi tertanam pula nilai kebahasaan yang baik.

Kedua, menjalin hubungan baik dengan wali murid. Selain dengan anak, penyambutan di pagi hari membuat guru dapat menjalin hubungan yang baik dengan wali murid. Hal tersebut dapat membantu guru untuk lebih memahami siswa ataupun sebaliknya, guru memberi saran pada orang tua tentang pola asuh di rumah. Sebab, untuk menciptakan anak yang cerdas tidak cukup dari pihak sekolah saja, tetapi dukungan dari keluarga.

Ketiga, menanamkan karakter agamis. Ketika saling mengucapkan salam, sesungguhnya guru sedang mengajarkan pada anak untuk saling mendoakan dalam kebaikan. Hal tersebut dapat memicu timbulnya akhlak mulia dalam diri siswa.

Keempat, disiplin waktu. Kegiatan pagi hari ini menuntut siswa dan guru untuk berdisiplin waktu. Hal tersebut mendorong keduanya untuk hadir di sekolah tepat waktu. Secara tidak langsung, hal ini mengajarkan siswa tentang tanggung jawab. Sebab, persoalan tepat waktu dan terlambat adalah tanggung jawab siswa (maupun guru) atas dirinya sendiri,

Kelima, menanamkan nilai estetika (keindahan) penampilan. Dalam penyambutan tersebut, guru biasanya memberi nasehat tentang penampilan siswa. Misal apabila siswa berseragam tidak rapi, rambutnya belum disisir, atau rambut sudah terlalu panjang untuk siswa laki-laki, dan lain-lain.

  Melihat banyak manfaat yang diberikan melalui kegiatan penyambutan tersebut, sebaiknya guru maupun pihak sekolah tidak menyepelekannya atau menganggap remeh kegiatan ini.

Sumber ilustrasi: http://klikkabar.com/2017/07/11/tk-medina-sambut-siswa-baru-dengan-konsep-berbeda/

Bagikan Artikel Ini

Komentar (0)

Silahkan Login untuk memberi komentar