Peresmian UGB PAUD Pembina Cianjur Semarak

CIANJUR (HN) Peresmian Unit Gedung Baru Pendidikan Anak Usia DIni (UGB PAUD)  Pembina di Kecamatan Cempaka, Kabupaten Cianjur, Jumat (9/2) berlangsung semarak. Ratusan siswa PAUD yang berasal dari 10 Kecamatan di Cianjur terlibat dalam acara peresmian dengan penuh sukacita. 
 
Kepala Sub Direktorat Sarana dan Prasarana Pendidikan Anak Usia Dini, Muhammad Ngasmawi dan Bunda PAUD Kabupaten Cianjur, Hj Ratu Elisye, meresmikan penggunaan PAUD Pembina Kabupaten Cianjur di Kecamatan Cempaka. Pembangunan PAUD Pembina yang akan menjadi percontohan di Kabupaten Cianjur sepenuhnya dibantu pemerintah pusat.
 
"Usia balita merupakan usia emas dalam membentuk kecerdasan kognitif dan menerapkan berbagai nilai, termasuk moral dan sosial. Banyak yang dapat Anda latih saat usia Si Kecil ada pada rentang 1 hingga 5 tahun, bahkan sejak ia baru dilahirkan. Hampir 90 persen keceradasan manusia itu dibentuk saat usia 0-6 tahun. Saya kagum dengan anak-anak PAUD disini yang hapal 100 nama ALLAH. Terus terang saya saja tidak hapal," kata Kasubdi Sarpras, Muh Ngasmawi di sela peresmian UGB PAUD Pembina di Cianjur.
 
Dalam usia emas ini, lanjutnya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan tahap pendidikan yang penting bagi perkembangan anak. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan di PAUD dapat memberi rangsangan atau stimulasi yang sesuai dengan tahap tumbuh-kembang anak usia pra-sekolah, karena seluruh aktivitasnya dilakukan melalui pendekatan bermain sambil belajar. Karena itu, PAUD  tidak hanya berguna bagi perkembangan kognitif Si Kecil, tetapi juga untuk aktivitas fisik dan sosialisasi.
 
Dikatakan, manfaat lain ikut PAUD yaitu memperkenalkan mereka pada dunia sekolah, kegiatan di PAUD juga menerapkan nilai-nilai dan norma pada anak. “Anak-anak sudah mulai ditanamkan nilai-nilai, seperti kejujuran, disiplin dan berbagi, juga mendidik tingkah laku dan berbagai hal positif lain. Semuanya diterapkan sejak usia dini,” katanya.
 
Kepala Bidang Pendidikan Formal dan Non Formal, Hermana mengatakan pembangunan UGB PAUD Pembina Kecamatan Campaka Kabupaten Cianjur dilaksanakan oleh Panitia Pembangunan yang terdiri atas unsur Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cianjur dan  unsur PAUD Pembina Kecamatan Campaka. Pembangunan yang telah dilaksanakan mencakup areal seluas 397,50 m2 dengan rincian :
1. Pembangunan Ruang Kelas Baru sebanyak 3 lokal 
2. Pembangunan Ruang Guru, Ruang Kepala Sekolah, Ruang Kantor, dan Ruang Keamanan, Ruang Dapur, dan Aula masing-masing sebanyak 1 lokal,
3. Pembangunan Kamar Mandi sebanyak 7 lokal.
4. Penataan Taman dan Media Tanam siswa PAUD.
 
Disebutkan, biaya pembangunan UGB PAUD Pembina bersumber dari APBN tahun anggaran 2017 sebesar Rp. 864.174.000,00 untuk pekerjaan fisik, dan Rp. 150.000.000,00 untuk pengadaan alat permainan, mebelair, dan operasional penyelenggaraan pembangunan.  Pembangunan UGB PAUD dilaksanakan selama 120 hari kerja terhitung mulai tanggal 20 Juni 2017 sampai dengan 25 Oktober 2017. Eko 

Bagikan Artikel Ini

Komentar (0)

Silahkan Login untuk memberi komentar