Ketika Ibu KSAD dan Panglima Kodam Sambangi PAUD Km 0

JAKARTA - Wajah ibu Kepala Staf Angkata  Darat Sita Mulyono tampak berseri ketika menginjakan kaki di PAUD Km "O". 
"Wow bagus sekali ibu Ella. Saya tidak sangka ternyata pemerintah punya PAUD seperti ini," tukasnya sambil dipandu Direktur Pembinaan PAUD Ella Yulaelawati Ph.D di Gedung A Kemdikbud, Kamis (8/2).
 
Membawa lebih dari 30 orang anggota Persit Kartika Chandra Kirana, ibu Sita Mulyono yang juga Ketua Umum organisasi istri perwira Angkatan Darat mengajak istri Panglima Kodam se Indonesia untuk lebih peduli Pendidikan Anak Usia Dini sebagai investasi masa depan bangsa.
 
"Saya harapkan kedepan kita dapat lebih banyak bekerjasama dengan pemerintah membantu program Pendidikan Anak Usia Dini mendorong keluarga mendidik anaknya sejak usia dini di lembaga PAUD dan TK," ujar Sita Mulyono.
 
Menurut Direktur PAUD, apresiasi yang diberikan Persit Kartika Chandra Kirana sangat membantu. 
 
Pasalnya rendahnya mutu SDM bangsa ini menunjukkan lemahnya penanganan masalah pendidikan terhadap generasinya. Supaya semua ini tidak berlanjut maka mari kita berusaha lebih baik lagi untuk memberdayakan potensi yang ada pada anak usia dini melalui program PAUD. 
 
"Keberadaan PAUD dapat memberikan solusi dan ruang bagi anak usia dini untuk mendapatkan pendidikan, kesempatan bereksplorasi, mengekspresikan diri dalam wadah yang benar-benar mengayomi anak," katanya.
 
 Tetapi, lanjutnya yang lebih penting hendaknya program PAUD menjadi wadah mencetak tunas-tunas bangsa yang bermutu, agar kelak tercipta generasi unggul yang tangguh dapat berkompetisi menghadapi tantangan zaman. 
 
Dalam kunjungan lebih dari 2 jam itu ibu Sita Mulyono sempat berinteraksi dengan anak-anak PAUD dan membagikan sejumlah hadiah kepada seluruh siswa PAUD. 
 
Ella menjelaskan usia 0-6 tahun kita ketahui sebagai usia yang sangat menentukan dalam pembentukan karakter dan kecerdasan seorang anak, pada masa itu merupakan masa terpenting bagi pengembangan intelegensia permanen diri anak karena mereka memiliki kemampuan tinggi untuk menyerap informasi.
 
 Paul Meier menyatakan bahwa sampai dengan usia 6 tahun, 85% karakter anak telah terbentuk. Penelitian lain yang dilakukan Benyamin S.Bloom menguatkan pandangan ini. Bloom menyatakan bahwa 50% Potensi anak terbentuk sampai dengan usia 5 tahun dan 30%lainnya akan terbentuk sampai usia 8 tahun.
 
PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) tidak bisa ditawar lagi. Pentingnya pendidikan anak usia dini adalah menciptakan interaksi edukatif yang diarahkan pada perkembangan optimal seluruh potensi yang dimiliki anak. 
 
Selain itu, agar dapat mencapai taraf kemanusiaan dan anak dapat mengembangkan seluruh potensi yang dimiliki melalui berbagai pemberian rangsangan dari orang dewasa dan atau lingkungan sekitar sehingga anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.eko

Bagikan Artikel Ini

Komentar (0)

Silahkan Login untuk memberi komentar