Empat Karakter Anak Hebat

     AnggunPaud - Anak hebat selalu memiliki karakter yang baik. Karakter inilah yang menjadi pondasi anak dapat terus belajar mencapai kesuksesan. Orang tua sebaiknya dapat memahami karakter yang harus dimiliki anak sesuai yang diinginkan. Mengapa? Karena Orang tua bertanggung jawab dalam mengajarkan dan memberikan teladan yang baik pada anak.

    Oleh karena itu, karakter anak seharusnya muncul sedini mungkin. Meskipun pada usia anak, karakter tidak dapat muncul secara umum. Namun, orang tua dapat memahaminya dengan beragam interaksi yang dilakukan anak di dalam kesehariannya. Empat karakter ini di antaranya;

Pertama, Berjiwa Besar. Saat anak-anak mudah mengalah pada teman. Bukan berarti anak sulit untut memenangkan sesuatu. Mengalah adalah karakter orang-orang besar. Orang tua tidak harus memaksakan anak untuk memenangkan segala sesuatu. Saat Orang tua melihat anak kecewa. Orang tua sebaiknya mengajak anak untuk bersikap lapang. Misalnya memberikan kata-kata positif dan menenangkan anak.

Kedua, Tidak Mudah Mengeluh. Orang tua dapat menguji anak dengan memberikan tugas kecil. Misalnya menyuruh anak untuk membereskan mainan. Saat anak tidak mudah mengucap keluh kesahnya. Orang tua dapat memberikan apresiasi. Misalnya memberikan kejutan dengan menghadiahi mainan baru.

Ketiga, Menjadi Pendengar yang Baik. Tidak semua anak dapat menjadi pendengar yang baik. Anak yang memiliki karakter ini biasanya anak adalah seorang yang penurut. Anak akan mengerti apa yang ditugaskan orang tua dan mengerjakannya. Orang tua sebaiknya memberikan perhatian lebih dan tidak mengecewakan anak.

Keempat, Rendah Hati. Tidak jauh berbeda dengan karakter berjiwa besar. Anak yang memiliki kerendahan hati selalu memberikan yang terbaik untuk orang lain. Orang tua dapat sesering mungkin memberikan teladan rendah hati dihadapan anak. Anak akan memperoleh referensi sikap-sikap kerendahan hati. Sehingga anak memahami bagaimana bersikap rendah hati.

Keempat karakter ini menjadi pondasi kesuksesan anak di masa depan. Orang tua dapat mengarahkannya dengan memberikan keteladanan semua karakter ini.

sumber gambar : https://www.itsalwaysautumn.com

Bagikan Artikel Ini

Komentar (0)

Silahkan Login untuk memberi komentar