Membagi Waktu bagi Ibu Bekerja

    AnggunPaud -  Menjadi ibu bekerja yang tetap memberikan waktu dan perhatian utuh untuk anak adalah dambaan bagi semua ibu. Namun hal ini bukanlah hal yang mudah. Diperlukan komitmen dan pendekatan yang tepat untuk anak sebab ibu yang bekerja memiliki keterbatasan waktu. Namun hal ini dapat disiasati dengan beberapa cara:

Pertama, menjalin komunikasi baik dengan anak.  Ibu bekerja diharapkan dapat menjalin komunikasi yang baik dengan anak. Hal ini bisa dilakukan dengan beragam cara seperti menelepon anak saat di kantor untuk menanyakan keadaan anak dengan pengasuhnya. Hal ini penting dilakukan karena anak akan tetap merasa ditemani karena ibu tetap perhatian kepadanya. 

Kedua, berikan perhatian dan waktu bagi anak.  Saat di rumah selalu jadikan anak prioritas pertama. Saat ibu sudah berada di rumah, misalnya dengan pelukan hangat, menanyakan aktivitas anak saat berada di sekolah, mengobrol santai dengan membangun kedekatan anak. Biarkan anak kita bercerita tentang aktivitasnya hari ini, jadilah pendengar yang baik bagi anak.  Hal lain, menemani anak saat ia mengerjakan PR di rumah sehingga sebagai ibu dapat mengetahui kemampuan akademik anak di sekolah. 

Ketiga, manajemen waktu yang tepat.  Sebagai ibu bekerja, tentunya ada keterbatasan waktu yang dimiliki untuk anak dan keluarga. Namun kedekatan dengan anak tetap dapat dibangun dengan menunggui anak  sebelum berangkat ke kantor, menyempatkan ke sekolah anak saat ada pertemuan (pembagian raport, pertemuan orang tua) dan sediakan waktu akhir pekan yang berkualitas bagi anak.

   Intinya selalu sediakan waktu dan perhatian bagi anak! Buatlah anak dapat merasakan perhatian walaupun waktu yang kita miliki sebagai ibu bekerja terbatas. Lakukan manajemen waktu dengan baik, bangun skala prioritas dalam pekerjaan. Bagaimanapun seorang anak akan tetap membutuhkan perhatian dari ibunya, untuk itu jadilah ibu bekerja yang perhatian dan bijak dalam mengatur waktu bekerja dan waktu keluarga. *

* Dini Agustina, S. Ikom (Pegawai BP-PAUD dan Dikmas Sumatera Utara) 

sumber gambar : http://www.bisnis.work/2016/08/ibu-pekerja-vs-ibu-rumah-tangga.html

Bagikan Artikel Ini

Komentar (0)

Silahkan Login untuk memberi komentar