PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP ABAD 21

     AnggunPaud - Abad 21 ini sangat berbeda denga abad-abad sebelumnya. Dengan ditandai oleh dunia telekomunikasi dan informatika yang berkembang dengan cepat, abad 21 ini menuntut setiap orang harus memiliki kecakapan hidup yang baik. Kecakapan hidup yang membuat seseorang untuk bisa berkompetisi dalam setiap sektor kehidupan dengan baik dan profesional.

    Siapa yang bisa berkompetisi dengan baik, akan menjadi pemenangnya. Akan menjadi orang baik dan dihargai di abad 21 ini. Di sinilah, orang tua harus sejak awal mengenalkan dan mendidik anak-anak dalam kehidupan keluarga untuk memiliki kecakapan hidup yang dituntut pada abad 21 ini. Dan ada tiga kecapakan hidup penting yang peting dan harus diajarkan pada anak sejak dini dalam kehidupan keluarga. Tiga kecakapan hidup itu adalah sebagai berikut.

Pertama, kecakapan literasi. Era teknologi dan informatika membuat segala informasi dan ilmu pengetahuan berkembang dengan pesat dan cepat. Setiap detik kejadian yang ada di penjuru dunia bisa diakses dengan mudah. Setiap perkembangan ilmu pengetahuan dapat diketahui dengan gampang. Di sinilah, sejak kecil anak-anak harus dikenalkan dan dibiasakan untuk memiliki kecakapan literasi yang baik. Melalui kecakapan literasi ini anak-anak sejak kecil sudah terbiasa dengan membaca. Kebiasaan membaca ini membuat anak-anak akan senang mengakses segala informasi dan pengetahuan yang beredar baik melalui buku-buku maupuan elektronik buku di internet. Kemampuan membaca yang baik anak membentuk anak yang memiliki pengetahuan luas, serta memiliki kemampuan untuk berpikir dalam memilih dan memilah informasi yang benar, baik, dan tepat untuk dirinya dan yang tidak. Kecakapan literasi ini akan membentuk anak yang memiliki ilmu pengetahuan luas.

Kedua, kecakapan kompetensi, yaitu kecakapan anak mengatasi segala persoalan yang dialami. Abad 21 ini membawa konsekuensi bahwa kehidupan anak-anak yang kompleks membawa anak-anak dalam berbagai persoalan, baik persoalan di rumah, di sekolah, dengan temannya, atau persoalan bagi dirinya sendiri. Dalam berbagai persoalan yang kompleks ini,abad 21 ini menuntut anak memiliki kompetensi dalam mengatasi berbagai persoalan yang dihadapi. Untuk itu, sejak kecil orang tua perlu mengajari kecakapan kompetensi pada anak dengan membekali berbagai keterampilan penting bagi anak, yang akan digunakan anak dalam mengatasi persoalan yang dihadapinya sendiri. Anak-anak didesain tangguh dan mandiri dan memiliki kompetensi yang baik untuk bisa mengatasi persoalan yang dihadapi dirinya sendiri. Dengan memiliki kompetensi ini, anak-anak sejak awal sudah siap untuk bersaing dan mampu mengatasi persoalan yang kompleks di abad 21 ini.

Ketiga, memiliki karakter yang kuat. Abad 21 memiliki berbagai persoalan yang kompleks yang sering kali membawa banyak dampak ketidakbaikan bagi kita semua. Dengan dampak yang seperti ini, maka abad 21 membutuhkan orang-orang yang memiliki karakter dan integritas yang kuat. Pribadi yang berkarakter mulia yang akan selalu tegar dalam setiap perubahan yang begitu cepat di abad 21 ini. Di sinilah, pembentukan karakter anak-anak yang baik dan mulai harus dibentuk dalam keluarga sedini mungkin. Anak-anak harus dibentuk menjadi pribadi yang mulia, mandiri, kreatif, kerja keras, komunikatif, dan sebagainya. Sehingga anak-anak dengan pribadi dan karakter yang kuat ini akan membuat anak-anak tidak larut dan terpengaruh dalam budaya abad 21 yang serba bebas ini. Anak-anak akan memiliki dirinya dan karakter mulianya sendiri yang mampu mengatasi segala persoalan degradasi moral di sekelilingnya.

   Melalui pendidikan kecakapan hidup abad 21 pada anak-anak dalam lingkungan keluarga ini, maka anak-anak sejak kecil anak-anak kita sedang dibentuk menjadi individu yang siap beradaptasi dan berkompetisi di abad 21 sehingga kelak menjadi orang yang unggul, dan mampu menjadi pemimpin di abad 21 ini.*

*HERU KURNIAWAN Pengajar di Institut Agama Islam Negeri Purwokerto Founder Rumah Kreatif Wadas Kelir

sumber gambar : http://mengnews.joins.com/view.aspx?aid=2974036

Bagikan Artikel Ini

Komentar (0)

Silahkan Login untuk memberi komentar